Otomotif

PAKAI REM BIAR BELOK

- •

Beberapa edisi lalu, OTOMOTIF sempat melakukan test drive lengkap Toyota Hilux GR Sport. Nah, selama pengujian tersebut ada satu hal yang menarik perhatian kami. Yaitu cara kerja sistem LDA (Line Departure Assist) pada Hilux GR Sport ini.

Awalnya kami sempat kaget, karena umumnya fitur yang umumnya dikenal dengan Lane

Keeping Assist ini merespons menggunaka­n dinamo motor. Karena umumnya terpasang pada kendaraan yang sudah pakai sistem setir EPS (Elektrik Power Steering).

Tapi sebelum jelaskan lebih lanjut, ada fitur apa saja sih pada Hilux GR Sport? Yup, varian GR Sport memang lebih canggih dan lengkap dari saudara lainnya. Karena sudah dibekali fitur Toyota Safety Sense ( TSS), berkendara dengan Hilux GR Sport diperkotaa­n terasa lebih aman dan santai.

Buat perjalanan panjang lebih rileks dengan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), dapat otomatis menyesuaik­an kendaraan yang ada di depan. Bila kendaraan di depan berhenti mendadak ada Pre-collision System (PCS).

Seperti disinggung sebelumnya, yang unik adalah LDA pada Hilux GR Sport. Kalau biasanya pada kendaraan lain memberikan assist pada sistem setir kemudi. Pada Hilux, untuk membelokan arah kemudinya menggunaka­n sistem rem.

“LDA merupakan salah satu bagian dari active safety features kami. Dimana fitur ini berguna untuk menjaga posisi mobil tetap di jalurnya, saat pengemudi sedang lengah saat berkendara,” jelas Dimas Aska, Head of Public Relation Toyota Astra Motor ( TAM).

“Kebetulan di Hilux ini steering system- nya menggunaka­n hidrolis atau fluida. Kalau pada sistem EPS, pengontrol­an LDA langsung di kolom steer. Nah, di Hilux GR Sport menggunaka­n sistem rem sebagai actuator untuk menjalanka­n LDA,” tambah Dimas.

Jadi sistem rem akan menekan sisi kiri dan kanan secara berbeda, tergantung arah yang diinginkan. Sehingga laju mobil akan tertahan dan bergerak kearah kiri atau kanan. Sistem yang tidak biasa tapi efektif dan juga bikin pengemudi kembali waspada.

Toh dengan spesifikas­i rem depan yang lebih baik pada Hilux GR Sport, rasanya menggunaka­n sistem rem seperti ini untuk fungsi LDA tidak akan mengganggu kerja rem. Karena rem hanya berkerja beberapa detik untuk mengembali­kan arah mobil.

“Hanya cara kerjanya saja yang berbeda, karena menyesuaik­an sistem steering yang ada pada masingmasi­ng mobil. Tetapi tujuannya tetap sama,” tutup Dimas.

 ?? FOTO: F.YOSI ??
FOTO: F.YOSI
 ?? ?? Mengaktifk­an LDA tekan tombol paling bawah bagian kiri di sisi kanan setir
Mengaktifk­an LDA tekan tombol paling bawah bagian kiri di sisi kanan setir
 ?? ?? Karena sistem steering masih menggunaka­n hidrolis, kerja LDA tak bisa dibantu sistem kemudi
Karena sistem steering masih menggunaka­n hidrolis, kerja LDA tak bisa dibantu sistem kemudi

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia