Otomotif

DIIKAT BIAR KOMPAK

-

Stabilizer sokbreker depan bukanlah hal baru di komponen aftermarke­t. Sesuai dengan namanya, berfungsi untuk menstabilk­an pergerakan sokbreker depan. Umumnya dipakai di sokbreker model teleskopik.

Sebagai motor dengan komponen aftermarke­t berlimpah, stabilizer sokbreker depan juga tersedia buat Yamaha XMAX maupun XMAX Connected. Salah satu yang menjajakan­nya yakni gerai speedshop ultra Speed Racing.

Ultra Speed Racing atau

USR menyediaka­n stabilizer sokbreker depan XMAX untuk membantu memperbaik­i handling maxi Yamaha

250 cc tersebut. Freddy A. Gautama, owner usr menyebut perangkat ini berguna agar pengendali­an XMAX jadi lebih tajam.

“Sok standar kalau belok tidak imbang, ada sedikit pincang,” ujar Freddy.

Pria ramah ini menyebut dengan pemasangan stabilizer sokbreker depan, ketika berbelok akan seimbang karena kedua sok depan akan jadi satu kesatuan.

“Belok jadi lebih kaku yang berpengaru­h ke handling yang lebih tajam,” lanjutnya.

Stabilizer sokbreker depan ini dijual dengan merek SRP khas Ultra Speed Racing. Materialny­a terbuat dari aluminium seri 6 yang ringan tapi kuat ( Gbr.1). Menariknya pemasangan stabilizer sokbreker depan XMAX SRP terbilang praktis karena hanya cukup buka sepatbor depan saja.

Ketika sepatbor depan sudah dicopot, buka masing-masing sisi stabilizer sokbreker yang dikunci oleh dua buah baut ( Gbr.2). Lanjut pasang bagian yang berbentuk setengah lingkaran di bagian atas tabung sokbreker ( Gbr.3).

Jangan khawatir tidak pas, karena diameter lubang di stabilizer sokbreker sudah disesuaika­n alias sama dengan diameter tabung sokbreker XMAX.

Jika sudah, pasang kembali sisi luar stabilizer sokbreker dan kunci dengan dua buah baut ( Gbr.4). Lakukan hal yang sama pada tabung sisi satunya. Kalau sudah pas, tinggal ditutup dengan memasang kembali sepatbor. Gampang kan? Bisa dikerjakan sendiri dengan kunci-kunci basic.

Apabila tertarik untuk mendapatka­n stabilizer sokbreker depan SRP, bisa langsung menyambang­i Ultra Speed Racing yang buka toko dan bengkel di Ruko Bavaria No.27 Gading Serpong, Kelapa Dua, Tangerang, Banten.

Jangan lupa untuk membawa mahar sebesar Rp 650 ribu (di luar biaya pasang) untuk menebusnya.

Selain produk SRP dari USR, di pasaran terpantau ada pula stabilizer sokbreker depan buat XMAX dari produsen aftermarke­t lain. Ada produk dari KTC Kytaco dengan kisaran harga Rp 300400 ribuan di marketplac­e, serta stabilizer dari Bpro dengan banderol Rp 900 ribuan. •

 ?? ISTIMEWA ??
ISTIMEWA
 ?? FOTO: RANGGA ?? 3
FOTO: RANGGA 3
 ?? ?? 1
1
 ?? ?? 2
2
 ?? ?? 4
4

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia