Otomotif

KESADARAN SEDARI DINI

- •

Kompetisi balap motor kini semakin menyasar ke usia pembalap yang semakin cilik. Anak-anak di bawah usia 10 tahun bahkan sudah dikenalkan kompetisi balap motor sekelas Mini GP yang memang menggunaka­n motor kecil.

Meski menggunaka­n motor kecil dengan kecepatan yang tidak terlalu tinggi, dikenalkan juga perlengkap­an balap yang memang memenuhi standar. Dari racing suit standar nasional, sarung tangan dan boots itu wajib, juga tak lupa helm full face.

Jika racing suit, gloves, dan boots jelas sudah standar yang sama dengan nasional. Hanya saja ukurannya jauh lebih kecil untuk anak-anak di bawah usia 10 tahun.

Sedangkan helm, standarnya jauh lebih rendah dibandingk­an untuk level kompetisi profesiona­l. Seperti tidak diwajibkan menggunaka­n helm full face dengan tali pengikat DD Ring.

Hal ini karena agar sang anak bisa mandiri menggunaka­n helm dan perangkat keamananny­a sendiri. Makanya salah satu helm full

face anak adalah KYT Rocket yang memang dibuat PT. Tarakusuma Indah untuk anak-anak.

Helm ini menggunaka­n tali pengikat model microlock, sehingga mudah digunakan. Namun ternyata banyak orang dewasa yang berminat untuk memakainya, sehingga ada model KYT Rocket yang juga menggunaka­n DD Ring.

EKSTRA KECIL

“Kalau untuk Mini GP, memang yang penting full face, tapi kalau sudah serius untuk balapan di sirkuit besar kelas-kelas pembinaan, pakai helm yang minimal berstandar nasional. Kalau di KYT ada tipe Nx-race, ada yang ukuran XS, itu banyak digunakan anakanak, dengan sedikit modifikasi padding (busa helm) agar pas di kepala,” urai Mugiyono Nathania, KYT Racing Service menjelaska­n.

Tipe KYT NX Race memang sudah digunakan pembalappe­mbalap di kancah Kejurnas dan juga Asia Road Racing Championsh­ip (ARRC), sehingga memang lebih layak digunakan untuk balap. Namun brand helm lokal lainnya, JPX Helmet justru membuat helm khusus untuk balap kelas bocil.

Diluncurka­n pada tahun 2022, helm Bernama JPX Astro X memang diperuntuk­an untuk anak. Dengan ukuran shell yang lebih kecil, padding yang lebih nyaman, visor datar juga tali pengikat DD ring. Jadi memang cocok untuk mengenalka­n anak tentang pentingnya helm.

“Jadi tipe JPX Astro X ini memang legal dan khusus untuk balap karena kita sudah memenuhi homologasi dan standar keamananny­a. Sudah banyak yang pakai di kancah balap pembibitan itu loh, karena sudah SNI dan berlisensi,” urai Salomon Manalu, Brand Manager JP Industries.

Berkembang­nya merek helm lokal ini bak penyegar setiap orang tua yang anaknya punya minat di balap motor. Lantaran helm-helm impor punya harga yang sangat tinggi untuk ukuran anak-anak, bahkan lebih mahal daripada ukuran dewasa. Sedangkan ukuran anak-anak biasanya hanya untuk helm balap mobil yang banyak digunakan pegokart cilik.

 ?? FOTO: DAB ??
FOTO: DAB
 ?? ?? KYT NX Race juga ada ukuran XS untuk anakanak, sehingga banyak jadi pilihan
KYT NX Race juga ada ukuran XS untuk anakanak, sehingga banyak jadi pilihan
 ?? A K U Y ?? JPX Helmet mengenalka­n tipe Astro X yang memang diperuntuk­an untuk kompetisi balap motor Mini GP
A K U Y JPX Helmet mengenalka­n tipe Astro X yang memang diperuntuk­an untuk kompetisi balap motor Mini GP

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia