Otomotif

PRODUKSI MOBIL LISTRIK NIAGA L100

- ●

Mitsubishi Indonesia ditunjuk Mitsubishi Motors Corporatio­n untuk memulai produksi New Minicab EV, atau dikenal sebagai model L100 EV. Mobil listrik niaga kelas kei-car tersebut bakal diproduksi di pabrik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI).

Mobil listrik L100 EV bakal mulai dijual di Indonesia pada kuartal keempat tahun fiskal 2024. “Dengan dimulainya produksi pertama kendaraan listrik kami di luar negeri, kami berharap dapat memenuhi permintaan kendaraan listrik yang terus meningkat di kawasan ASEAN dan pada saat yang sama berkontrib­usi pada inisiatif lingkungan hidup di negara ini,” papar Takao Kato, President & CEO Mitsubishi Motors.

Indonesia dijadikan basis produksi, artinya selain dipasarkan di dalam negeri, L100 EV akan dikapalkan ke berbagai negara tujuan ekspor.

Minicab EV mengusung desain monobox yang dilengkapi sistem EV serupa dengan mobil listrik niaga produksi massal pertama di dunia, I-MIEV.

Posisi baterai penggerak berada di bawah tengah lantai, memastikan komponen EV dapat dipasang tanpa mengorbank­an ruang kargo kendaraan yang besar. Sekaligus memberikan pusat gravitasi yang rendah, sehingga berdampak pada stabilitas kemudi.

“Penetapan Indonesia sebagai negara pertama yang melakukan produksi lokal Minicab MIEV (L100 EV) merupakan langkah signifikan bagi Mitsubishi Motors, dan sebagai distributo­r di Indonesia, kami bangga menjadi bagian dari inisiatif lingkungan ini,” ungkap Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Ia melanjutka­n, pihaknya telah melakukan kajian sebelumnya di Indonesia terkait efisiensi penggunaan BEV (Battery Electric Vehicle) pada segmen kendaraan niaga ringan. “Kami siap untuk mulai memasarkan produk ini di Indonesia pada awal tahun depan,” tegas Kurita San.

 ?? ISTIMEWA ??
ISTIMEWA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia