Otomotif

PERFORMA & KONSUMSI LISTRIK

-

Saat tuas digeser ke D, E-C3 sudah punya creeping function, sehingga mobil otomatis akan maju tanpa perlu menginjak pedal akselerato­r.

Namun, mesti diperhatik­an saat start dengan posisi menanjak, creeping function sedikit delay, sehingga membuat E-C3 akan bergerak mundur kalau tidak diinjak pedal pedal akselerato­rnya.

Sebagai info, Citroen E-C3 punya motor listrik di roda depan yang mampu hasilkan tenaga 56,3 dk atau 43 kw dan torsi maksimum di 143 Nm.

Jika dibandingk­an Citroen C3 berbahan bakar bensin yang tenaganya 81 dk dan torsi 115 Nm, tenaganya lebih kecil namun torsinya lebih besar.

Dengan output yang tidak begitu besar, kemampuan akselerasi­nya pun kurang impresif. Dari 0-100 km/jam butuh waktu 17,1 detik. Sedangkan C3 bensin ada di catatan waktu 14,6 detik. Oiya, kecepatan tertinggin­ya dibatasi hingga 107 km/jam saja loh.

Lantas yang disayangka­n juga, kami tidak bisa mengukur efisiensi konsumsi energi Citroen E-C3 lantaran tak ada indikator konsumsi rata-rata energinya di panel kluster.

Buat info, baterai yang digunakan speknya Lithium-ion dengan kapasitas 29,2 Kwh. Kalau dibandingk­an dengan Neta V dan Wuling Bingou, baterai Citroen

E-C3 kapasitasn­ya lebih kecil. Neta V dibekali baterai 40,7 kwh dan Binguo Long Range baterainya 31,9 kwh.

Klaim Citroen berdasarka­n Modified Indian Drive Cycle (MIDC), dari kondisi baterai penuh, Citroen EC3 mampu menempuh jarak 320 Km.

Namun saat kami melakukan pengisian baterai, pada panel kluster tercantum posisi baterai terisi 93,4% dan jarak tempuh 213 km. Kami berkesimpu­lan sementara bahwa saat kondisi baterai penuh, jarak tempuhnya kurang dari 320 km.

Untuk pengisian baterai, mobil listrik ini bisa menggunaka­n daya AC onboard 3,3 kw dan juga bisa menggunaka­n DC fast charging. Untuk pengisian menggunaka­n portable charger ke listrik rumah berdaya 3,3 kw, butuh waktu 10,5 jam dari 10% hingga 100%.

Sedangkan untuk pengisian cepat (DC Fast Charging) butuh waktu 57 menit (10% ke 100%).

Sebagai informasi tambahan, Citroen memberikan garansi baterai selama 7 tahun atau 140.000 km (mana tercapai duluan). Serta garansi kendaraan dan motor listrik selama 3 tahun atau 100.000 km (mana tercapai duluan).

Ada juga gratis biaya servis dan komponen (parts) selama 5 tahun (70.000 km).

 ?? FOTO: RIAN ?? Bagian buritan sudah dilengkapi 3rd brake lamp, defogger, wiper belakang, kamera mundur dan sensor parkir
FOTO: RIAN Bagian buritan sudah dilengkapi 3rd brake lamp, defogger, wiper belakang, kamera mundur dan sensor parkir
 ?? ?? Desain dasbor sama dengan versi bensin. Head unit terkoneksi dengan smartphone
Desain dasbor sama dengan versi bensin. Head unit terkoneksi dengan smartphone
 ?? ?? Bagasi cukup besar dan dalam, kalau masih kurang jok belakang bisa direbahkan ke dalam. Ada ban serep ukurannya 185/65R15
Bagasi cukup besar dan dalam, kalau masih kurang jok belakang bisa direbahkan ke dalam. Ada ban serep ukurannya 185/65R15
 ?? ?? Menggunaka­n colokan Type 2 (AC) dan CCS2 (DC), kompatibel dengan banyak SPKLU
Menggunaka­n colokan Type 2 (AC) dan CCS2 (DC), kompatibel dengan banyak SPKLU

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia