Otomotif

CEGAH SELIP DAN PEANG

-

Akibat hal sepele, roller di CVT skutik bisa menjadi cepat peang atau aus, bahkan performa motor juga jadi drop akibat CVT yang selip. Sebenarnya ada beberapa penyebab roller CVT skutik menjadi peang (Gbr.1). Selain karena usia, salah satu penyebab roller CVT skutik peang ternyata bisa dari kerusakan pada sil kruk as atau sil pulley depan (Gbr.2).

“Sil pulley depan yang getas membuat oli mesin jadi rembes dan mengotori area CVT (Gbr.3),” ucap Bambang, selaku pemilik bengkel spesialis motor Honda, Prakasha Motor di Jl. Raya Krukut, Limo, Depok, Jawa Barat.

“Kalau dibiarkan, oli mesin bisa muncrat dan masuk ke dalam rumah roller (Gbr.4),” tambahnya. Nah, oli mesin yang rembes ini ternyata membuat roller jadi selip.

“Memang enggak langsung terjadi, sil pulley depan rembes kalau dibiarkan lama-lama akan membuat rumah roller jadi kemasukan oli mesin,” jelas Bambang.

“Alhasil membuat roller jadi selip, jika dibiarkan roller akan mudah peyang,” wanti pria yang pernah jadi mekanik AHASS sejak tahun 2000-an ini.

Oiya, sil pulley depan berfungsi untuk menyekat kruk as yang terhubung dari bak oli mesin di crankcase dengan dudukan pulley depan area CVT. Jika sil pulley depan sudah getas, tentunya akan membuat oli mesin rembes atau masuk ke area CVT.

“Kemudian jika sampai mengenai v-belt (Gbr.5) juga membuatnya jadi selip,” jelas Bambang. “Efeknya akan terasa gredek (getar) saat motor matic mau jalan,” tuturnya lagi.

Malah kalau oli yang rembes semakin banyak, tentunya gejala selip bisa terjadi hingga putaran tinggi, sehingga performa motor jadi terasa loyo.

Makanya, jika sil pulley bermasalah sebaiknya segera diperbaiki agar kerusakann­ya tidak merembet ke bagian lain.

Nah untuk harga, sil kruk as baru (Gbr.6) ini sebenarnya enggak begitu mahal. Contoh milik Yamaha NMAX cuma Rp 15 ribu. Sedang milik skutik Honda seperti untuk BEAT atau Scoopy aslinya Rp 35 ribu.

Murah kan? Paling yang lebih mahal justru ongkos bongkar pasangnya, biar hemat setiap servis CVT minta sekalian dicek kondisi silnya. Jika dirasa sudah mulai bocor, langsung diganti saja!

 ?? FOTO: AANT ??
FOTO: AANT
 ?? ?? 1
1
 ?? ?? 3
3
 ?? ?? 5
5
 ?? ?? 2
2
 ?? ?? 4
4
 ?? ?? 6
6

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia