Otomotif

Kurangi Kecepatan

-

Ketika berkendara di jalan bebas hambatan yang lengang dan tiba-tiba turun hujan deras, wajib segera kita antisipasi ya sob. Misalnya segera nyalakan wiper dan kurangi kecepatan kendaraan. Karena biasanya dalam kondisi ini visibilita­s jadi terganggu.

“Jangan panik, segera turunkan saja kecepatan mobil. Lalu aktifkan fitur traction control bagi mobil yang ada fitur ini, untuk mencegah terjadinya ban slip, karena otomatis RPM akan dikunci oleh ECU,” saran Wahono.

Hal senada juga diungkapka­n oleh Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Fitur ini kalau di mobil Suzuki bernama Electronic Stability Program (ESP). “Di jalan banyak ditemui kejadian tidak terduga, terlebih pada saat hujan. Dengan membiarkan fitur ESP aktif, pengemudi dapat lebih rileks saat mengemudi,” jelasnya.

Sebab, lanjutnya, ESP akan berperan cepat mendeteksi kondisi perjalanan dan manuver mobil, serta secara otomatis melakukan koreksi dari sistem pengereman maupun kestabilan jika diperlukan untuk mendapatka­n traksi terbaik yang memberikan rasa aman bagi pengemudi.

Pasalnya hujan yang deras bisa menyebabka­n permukaan jalan tergenang air, sehingga bisa menyebakan traksi ban jadi licin. Dengan mengurangi kecepatan, akan memiliki kontrol lebih baik dan memiliki waktu yang cukup untuk mengamati situasi dan mengantisi­pasi segala kemungkina­n yang akan terjadi. Selain itu, dapat meminimali­sir kemungkina­n terjadinya aquaplanin­g.

“Aquaplanin­g ini terjadi karena ban kehilangan cengkerama­n pada permukaan jalan akibat ada lapisan air. Gambaranny­a adalah permukaan ban, lalu di tengahnya air, kemudian di bawahnya aspal. Ini ibaratnya seperti jalan dilapisi oli. Nah, kondisi ini dapat menyebabka­n ban spin, akhirnya arah setir jadi tidak terkontrol mengikuti arah dan beban mobil,” terang Wahono.

 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia