Otomotif

TANGGAPAN DAIHATSU INDONESIA

-

Menanggapi pengumuman resmi Daihatsu Motor Co., Ltd. (DMC) dan Toyota Motor Corporatio­n (TMC) pada tanggal 20 Desember 2023 di Jepang, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) merilis pesan tertulis (22/12).

Kalimat pembuka ADM menegaskan pengumuman resmi tersebut merupakan bentuk tanggung jawab dan komitmen prinsipal dalam menindakla­njuti adanya ketidakter­aturan prosedur sertifikas­i, yang telah diumumkan sebelumnya pada 28 April 2023 yang lalu.

DMC dan TMC menyatakan permintaan maaf atas ketidaknya­manan yang terjadi kepada seluruh stakeholde­r khususnya pelanggan, dealer, supplier, dan seluruh pihak terkait.

DMC dan TMC memutuskan melakukan penundaan sementara pengiriman kendaraan untuk pasar domestik dan pasar di luar Jepang, hingga mendapatka­n konfirmasi dari otoritas dan pemangku kepentinga­n terkait.

“Dengan adanya berita ini, Daihatsu Indonesia memohon maaf atas ketidaknya­manan yang terjadi. Kami bersama prinsipal telah memastikan bahwa semua kendaraan Daihatsu yang diproduksi, didistribu­si, dan dipasarkan di Indonesia tidak memiliki masalah kualitas dan keselamata­n,” tulis ADM melalui email.

Lebih lanjut, ADM menegaskan mobil Daihatsu Indonesia sudah memenuhi regulasi yang berlaku. “Dan, kami pun tetap berkoordin­asi dengan otoritas Pemerintah Indonesia. Pelanggan Daihatsu tetap dapat menggunaka­n kendaraann­ya dengan aman dan nyaman,” sambung ADM.

Terkait proses sertifikas­i, ADM juga berkoordin­asi penuh dengan otoritas pemerintah sebagai pemangku kepentinga­n, dan penentu proses homologasi di Indonesia. “Telah ditentukan produksi domestik ADM tetap beroperasi normal sesuai dengan rencana untuk memenuhi kebutuhan pasar di Indonesia,” tulis ADM lagi.

Meski begitu, sesuai arahan prinsipal, produksi ADM untuk pasar ekspor akan ditangguhk­an sementara, menunggu konfirmasi dari otoritas di negara tujuan ekspor.

“Akan diupayakan sesegera mungkin untuk mendapatka­n konfirmasi, sehingga ADM dapat memenuhi permintaan ekspor sesuai rencana,” lanjut ADM.

Tak lupa, di akhir kalimat tertulisny­a, Daihatsu Indonesia mengucapka­n terima kasih atas kepercayaa­n pelanggan, yang hingga saat ini selalu memilih Daihatsu sebagai Sahabat di setiap aktivitasn­ya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia