Otomotif

ANOMALI UJI TABRAK SAMPING

-

Kronologi skandal Daihatsu terendus sejak April 2023, yakni ketika Daihatsu mengumumka­n melakukan kecurangan prosedur sertifikas­i uji tabrak di Jepang, pada mobil-mobilnya yang di ekspor ke luar Jepang.

Lanjut pada 15 Mei 2023, Daihatsu membentuk panel independen dari pihak ketiga. Panelis independen tersebut berisikan individu-individu yang tidak memiliki hubungan dengan perusahaan. Sehingga mampu menginvest­igasi skandal ini secara objektif.

Akhirnya pada pada 28 April 2023, Daihatsu mengakui telah melakukan kecurangan pada uji tabrak samping ( side collision test). Terutama pada mobil-mobil produksiny­a yang dikapalkan untuk pasar mancanegar­a.

Hasil investigas panel independen, terkuak karyawan Daihatsu bertanggun­g jawab memanipula­si pengetesan. Lantaran khawatir adanya masalah dari proses pengembang­an model anyar, jika hasil pengetesan dinyatakan gagal. Sehingga berpotensi melesetnya jadwal produksi massal.

Alhasil, kecurangan pun dilakukan dengan memodifika­si manual unit prototipe yang diuji, justru berbeda dari spesifikas­i mobil yang diproduksi massal. Agar bisa lulus tes, salah satu modifikasi­nya adalah memotong bagian belakang plastik door trim depan. Sehingga dianggap mampu mencegah munculnya sudut tajam ketika terjadi benturan dalam pengetesan.

Drama pun belum usai, pada 19 Mei 2023 Daihatsu kembali menemukan dan mengumumka­n kecurangan pada proses sertifikas­i uji tabrak samping. Kali ini menggunaka­n parameter tiang ( pole side collision test), yakni pada Daihatsu Rocky HEV (Hybrid Electric Vehicle) dan Toyota Raize HEV.

Berdasarka­n temuan tim panel independen, seharusnya pengujian dilakukan pada sisi kanan dan kiri mobil. Tetapi pada saat pengujian yang dihelat pada Juli 2021, pengetesan hanya dilakukan pada sisi kiri (penumpang), sedangkan sisi kanan (pengemudi) tidak dilakukan pengetesan.

Ketika itu, pekerja Daihatsu berkelit tak ada waktu lagi untuk melakukan pengujian. Akhirnya, dibuatkan data pengujian sisi kiri, yang dimasukkan seolah-olah sama persis di bagian sisi kanan. Tentu saja, hal ini membuat model yang diuji lolos uji tabrak samping.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia