Otomotif

KEHIDUPAN KEDUA

-

Ada cerita menarik di balik motor custom garapan workshop Rainbow Moto Builder (RMB) ini. Motor berbasis Honda Tiger Revo ini milik salah satu customer RMB dari Tangerang, Banten. Sebelum dibangun oleh RMB, ternyata sudah pernah dicustom di bengkel lain.

“Jadi waktu awal itu motor dikirim ke kami dalam kondisi sudah custom, konsepnya seperti cruiser. Cuman konsumen ini kurang puas,” ujar Adega Anggayasta, owner RMB.

Dega, sapaan akrabnya, menyebut customer RMB tadi minta motornya dicustom ulang. Konsepnya mirip cruiser tapi bisa diajak turing.

Setelah motor diterima workshop RMB yang berlokasi di Subang Jaya, Cikole, Sukabumi, Jawa Barat, ternyata rangka dari custom sebelumnya tidak dapat digunakan lagi. “Frame welding- nya banyak yang kurang. Jadi kami tidak bisa pakai lagi,” lanjutnya.

Tim RMB pun membuatkan serangkaia­n subframe menggunaka­n pipa besi seamless berdiamete­r ¾ inci. Subframe dibuat dari tengah ke belakang. Konturnya dibuat rendah, sesuai dengan konsep semi cruiser.

Rangka sebagai tumpuan beres, lanjut ke bodi-bodi. Semuanya dibuat baru, mulai dari tangki bensin, sepatbor sampai side panel. Bahan pakai pelat galvanis setebal 1,2 mm. Khusus tangki bensin pakai pelat lebih tebal, yaitu 1,5 mm. Bodywork kemudian diguyur warna hitam sesuai dengan keinginan customer.

“Jadi kemarin dia pengen warna tetap hitam, seperti motor pabrikan. Jadi kami mengubah tampilan, tetep ada nama Tiger dan grafis, seperti baru keluar pabrikan” ujar pria ramah ini.

Pengerjaan selanjutny­a beralih ke kaki-kaki. Suspensi depan teleskopik hasil custom sebelumnya digusur sok upside down lansiran Nui Racing. Sedangkan sok belakang pakai YSS sebanyak dua buah di kanan dan kiri.

Sokbreker ini mengawal pelek berdiamete­r belang, depan pakai 3.00x18 inci sedang belakang 3.50x17 inci. Kedua pelek dibalut karet bundar Swallow SB117 dengan tapak dual purpose.

Konsep turing dipertegas dengan penggunaan rak di kanan dan kiri motor serta bagian belakang. Rak multifungs­i ini bahannya dari pipa seamless ½ inci. Di kanan dan kiri turut dipasang side bag dari Eiger. Sedangkan bagian depan dibuatkan crash bar dari pipa seamless ¾ inci.

Karena ingin dipakai berbonceng­an saat turing, jok ada dua buah. Dibuat terpisah antara depan dan belakang, serta dibalut oleh kulit sintetis dari Mbtech.

RESTORASI MESIN

Agar selalu siap diajak jalan jauh, mesin turut direstoras­i total oleh RMB. Dibelah dan diganti komponenko­mponen internalny­a seperti piston dan klep. Kemudian dipasang knalpot custom full system dari stainless steel yang dibuat tidak terlalu berisik, sesuai keinginan ownernya.

Dega menyebut pengerjaan motor memakan waktu sekitar 90 hari kerja dengan biaya Rp 40 jutaan. Selain rangka, ia bilang kesulitan juga datang dari kelistrika­n yang berantakan.

“Kalau dari motor standar enak. Tapi kalau dari motor yang sudah dimodifika­si seperti ini jadi lebih sulit,” tutupnya.

Wah untung saja bisa dikerjakan dengan maksimal!

 ?? ?? KAKI-KAKI BIKIN ULANG SASIS SAMPAI
Di buritan terdapat rak multifungs­i
Rak samping dipasang Eiger
Kopling diubah jadi hidrolik agar lebih ringan
KAKI-KAKI BIKIN ULANG SASIS SAMPAI Di buritan terdapat rak multifungs­i Rak samping dipasang Eiger Kopling diubah jadi hidrolik agar lebih ringan
 ?? ?? Tantangan membuat custom lebih rapi
Kurang skidplate bawah jadi kosong
Rainbow Moto Builder (RMB): 0852-9191-9106
Tantangan membuat custom lebih rapi Kurang skidplate bawah jadi kosong Rainbow Moto Builder (RMB): 0852-9191-9106
 ?? FOTO: RANGGA ?? Di atas lampu utama dipasang windshield mungil
FOTO: RANGGA Di atas lampu utama dipasang windshield mungil
 ?? ??
 ?? ??
 ?? ?? Sebagai catatan saat pemotretan headlamp belum diganti dengan LED dari Osram
Sebagai catatan saat pemotretan headlamp belum diganti dengan LED dari Osram
 ?? ?? Corong semacam intake ini merupakan request owner motor
Corong semacam intake ini merupakan request owner motor
 ?? ?? Knalpot custom full system sengaja dibuat tidak terlalu berisik
Knalpot custom full system sengaja dibuat tidak terlalu berisik
 ?? ?? Panel instrumen pakai aftermarke­t kombinasi analog dan digital
Panel instrumen pakai aftermarke­t kombinasi analog dan digital
 ?? ?? Tangki custom dilabur kelir hitam dan grafis Tiger
Tangki custom dilabur kelir hitam dan grafis Tiger
 ?? ?? Jok custom terpisah dilapis kulit Mbtech
Jok custom terpisah dilapis kulit Mbtech
 ?? ?? side bag dari
side bag dari

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia