Otomotif

BATERAI & PENGISIAN

-

Sebagai sumber tenaga, EM1 e: andalkan sebuah beterai lithium-ion bernama Honda Mobile Power Pack e: buatan India. Spesifikas­inya punya tegangan 50,26 Volt, kapasitas 29,4 Ah atau 1.494 Wh. Diklaim bisa untuk menempuh jarak 41,1 km. Pendek ya! Benar-benar untuk kendaraan jarak dekat.

Harga baterainya saja kisaran Rp 10 juta. Bobotnya 10,2 kg, di bagian atas sudah dilengkapi pegangan, jadi bisa diangkat pakai 1 tangan. Pemasangan­nya di motor dikasih pengunci yang sangat solid, sehingga bisa dipastikan baterai tak akan terguncang meski lewat jalan rata.

Untuk pengisian ulang, hanya bisa dilakukan secara off-board alias baterai harus dilepas dari motor. Tak ada opsi langsung mengisi ulang di motor.

Mengisi ulang baterai bisa pakai Honda Power Pack Charger e: yang berbobot 5,3 kg dan dibanderol sekitar Rp 5,9 juta. Daya yang dibutuhkan ternyata kecil, cuma 400 Watt, jadi rumah dengan daya 1.300 Watt mestinya aman.

Karena daya kecil, maka jangan heran jika proses isi ulang berlangsun­g lama. Menurut Kaori Goto dari 25-75% perlu waktu 2,7 jam, “0-100 persen 6 jam,” imbuhnya.

Selain itu, ada pula opsi tukar baterai pakai Honda e: Swap. Akan ada stasiun penukaran baterai, khususnya di AHASS dengan tanda khusus Honda e: Shop yang saat ini baru ada di seputaran Jakarta.

Menurut Hisashi Murakami, President Director HPP Energy Indonesia, proses tukar baterai ini menggunaka­n aplikasi bernama Honda e: Swap. Pada aplikasi ini akan menampilka­n peta lokasi tempat tukar baterai, selain tentunya untuk transaksi.

Sekali tukar, biayanya Rp 8 ribu per energi atau per baterai. Jika satu baterai bisa untuk 41,1 km, berarti biaya per km adalah Rp 194,6. Mirip dengan biaya Honda BEAT pakai Pertalite yang satu liternya bisa untuk sekitar 51 km.

 ?? ?? Baterai terpasang kuat di balik jok
Ada rak tambahan khusus tipe PLUS
Baterai terpasang kuat di balik jok Ada rak tambahan khusus tipe PLUS
 ?? ?? Otak motor alias PCU atau di bawah dek
Otak motor alias PCU atau di bawah dek
 ?? ??
 ?? ?? Jok yang sangat lebar dan empuk
Jok yang sangat lebar dan empuk
 ?? ?? Charger yang dijual terpisah, harga sekitar Rp 5,9 juta
Charger yang dijual terpisah, harga sekitar Rp 5,9 juta

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia