Otomotif

MASIH NYAMAN UNTUK HARIAN

-

Hothatch Eropa yang satu ini memang beda. Yup, VW Golf GTI MK5 milik pria yang bernama Bryan Sugata ini termasuk langka. “Mobil saya ini yang R32 Package, setahu saya memang gak banyak populasiny­a,” bilang Bryan, sapaannya. Aslinya Golf ini berwarna hitam, namun karena ia kepincut warna biru Golf R32, maka ia mencari warna yang semirip mungkin. “Dapat di warna stiker bodywrap- nya biru Golf MK7 yang hampir mirip,” jelasnya.

Untuk pelek, Bryan sudah beberapa kali ganti sampai akhirnya sekarang ia memilih Neuspeed RSE dengan susoensi coilover KW, Hardrace lowered adjustable end link, collar subframe, underbrace Under Control juga sway bar belakang Volkswagen Racing.

Kemudian ia pun mulai meningkatk­an performa mesinnya. “Waktu saya beli mobil ini sudah reflash ECU stage

1 APR, intercoole­r S3, boost pipe, sama ganti intake. Termasuk knalpot sudah dapat dari owner sebelumnya,” bilangnya. Tapi belakangan knalpot diganti dengan yang suaranya lebih kalem.

Lalu di tahun 2021, ia sempat melakukan overhaul mesin berikut tambah part performanc­e. Karena ia merasa mobilnya ini sudah mulai ‘pelan’, “Soalnya sudah setahunan saya pakai terus, jadi rasanya udah kurang kencang, hahaha..,” ujarnya.

Akhirnya di bengkel BP Performanc­e, ia coba naik Stage 3+ dengan ganti turbo K04 hybrid, injektor S3, pompa bensin Autotech, fuel press regulator RS3, juga WMI. “Transmisi DSG, serta reflash stage 3 di sana,” ucapnya. Sekarang baru bisa gas pol lagi nih!

Terakhir di kabinnya, ia banyak menambahka­n aksesori lansiran Osir seperti carbon shifter panel, carbon speedomete­r, dan style vent pod gauge.

“Fokus di performa mesin dan handlingny­a aja, dan rasanya ini sudah cukup. Kalau mau naik lagi menurut temanteman di forum VW jadi kurang nyaman nantinya, mesti ganti turbo yang lebih besar dan gak bisa dibawa santai jadinya,” tuturnya. Enough ya! Kyn

 ?? FOTO: KYN ??
FOTO: KYN

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia