Otomotif

BIAR BISA PARKIR PARAREL

-

Masih banyak pemilik mobil keluaran anyar, terutama yang transmisin­ya matic, bingung ketika harus memarkir kendaraann­ya secara pararel lantaran parkir lagi penuh.

Pasalnya saat parkir pararel, biasanya transmisi harus diposisi pada gigi Netral atau N. Tujuannya agar sewaktu-waktu mobil bisa digeser bila mobil yang terhalang mobil kita mau keluar.

Nah, umumnya pada mobil matic yang saat ini ada di Tanah Air, dilengkapi dengan mekanisme untuk menetralka­n transmisin­ya. Baik berupa tombol shift lock seperti di Suzuki Ertiga, maupun lubang kunci kayak di beberapa mobil Toyota dan sebagainya.

Tapi berbeda dengan mobil keluaran Chery, contohnya Omoda

5 Z maupun RZ, tidak terdapat tombol shift lock tersebut. Wahh.. trus bagaimana cara menetralka­n giginya agar bisa parkir paralel?

Tenang, Chery Indonesia sudah kasih tahu solusinya. Seperti yang telah diinformas­ikan lewat akun Instagram mereka.

Jadi, pengguna Chery Omoda 5 bisa memanfaatk­an fitur N-gear Paraler Function. Namun fitur tersebut baru bisa difungsika­n setelah melakukan upgrade software pada kendaraann­ya.

“Betul. Saat ini update software dapat digunakan untuk Omoda 5 Z dan RZ. Untuk model yang lain update- nya secara bertahap,” beber Mohammad Ilham Pratama, Head of PR PT Chery Sales Indonesia (CSI).

Nah, Jika update software sudah dilakukan, cara mengaktifk­an fitur tersebut begini. Mula-mula setelah posisi mobil sudah berada di tempat parkir yang dipilih, aktifkan mode parkir, dengan cara menarik tuas parking brake.

Tapi jangan langsung matikan mesin dulu ya, melainkan masuk ke pengaturan kendaraan yang ada di dasbor. Kemudian cari tulisan “Easy Moving Mode”, trus aktifkan mode tersebut sambil menginjak rem.

Jika sudah, dilanjut matikan mesin kendaraan dengan menekan tombol Engine Start-stop. Jreeeng.. maka secara otomatis sistem akan memposisik­an transmisi di N (Netral), dan indikator parking brake- nya juga non aktif.

Artinya, Chery Omoda 5 sobat sudah aman untuk parkir pararel. Mudah kan?

 ?? FOTO: ISTIMEWA ??
FOTO: ISTIMEWA
 ?? ?? Setelah Easy Moving Mode diaktifkan, matikan kendaraan
Setelah Easy Moving Mode diaktifkan, matikan kendaraan
 ?? ?? Mula-mula aktifkan mode parkir
Mula-mula aktifkan mode parkir
 ?? ?? Lanjut masuk ke Vehicle Setting dan aktifkan Easy Moving Mode pada monitor di dasbor
Lanjut masuk ke Vehicle Setting dan aktifkan Easy Moving Mode pada monitor di dasbor
 ?? ?? Maka posisi transmisi otomatis akan pindah ke Netral
Maka posisi transmisi otomatis akan pindah ke Netral

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia