Otomotif

KESEMPATAN SI JUARA DUNIA

-

Seri pertama Formula E 2024 di sirkuit Hermanos Rodriguez, Meksiko (13/1) mendatang menjadi kesempatan bagi Jake Dennis untuk langsung unjuk gigi. Sebagai juara dunia Formula E 2023, pembalap Andretti Global ini bisa mengulang kesuksesan tahun lalu.

Kala debut Gen 3, Jake Dennis langsung menjadi pemenang pertama kala ronde pembuka juga digelar di Meksiko. Kemenangan dan fastest lap yang ia dapatkan di Hermanos Rodriguez juga yang menjadikan awal ia menempati peringkat pertama klasemen dan berakhir menjadi juara dunia.

Dengan rekam jejak yang baik di FE Meksiko tahun lalu yang membuat pembalap asal Inggris itu tak sabar untuk segera berlomba.

“Kami menjalani balapan yang sangat baik tahun lalu dengan hasil yang sudah sesuai kita duga, kala sepanjang tes Gen 3 juga kita selalu yang tercepat,” Dennis menjelaska­n.

“Untuk tahun ini, saya semakin terbiasa dengan karakter AWD dari Gen 3. Meski ada beberapa masalah di pengujung tahun lalu, tapi balapan di sirkuit permanen akan jauh lebih menguntung­kan untuk saya,” timpalnya.

RIVAL SEMEREK

Pembalap yang semakin terbiasa dengan karakter AWD dari FE Gen 3 juga bukan cuma Dennis saja. Para rivalnya pun juga semakin terbiasa. Ini juga yang membuat perebutan gelar juara dunia sampai ronde terakhir di musim lalu.

Kala pembalap 28 tahun itu masih dikejar oleh duo Jaguar TCS Racing, Nick Cassidy dan Mitch Evans. Meskipun untuk ronde Meksiko nanti, salah satu pembalap yang patut disimak kemampuann­ya saat balapan adalah Pascal Wehrlein.

Pembalap TAG Heuer Porsche FE Team itu dua tahun beruntun selalu podium di Meksiko. Tahun 2022 ia menjadi pole seater dan juga pemenang. Tak pelak, Wehrlein juga bersaing sampai lap terakhir untuk posisi pertama dengan Dennis di Meskiko 2023.

Dengan pencapaian yang didapatkan pembalap Jerman itu juga membuatnya memungkink­an untuk menjadi pemenang di ronde perdana nanti.

“Ronde pertama ini yang terpenting bagi tim dan juga saya pribadi karena akan mencermink­an hasil tes kami dan prediksi balapan kami sepanjang tahun,” Wehrlein menjelaska­n.

Formuala E 2024 diprediksi akan menjadi tahun terakhir Gen 3 kala Formula E Operations (FEO) sudah mempersiap­kan mobil Gen 4 yang rencananya akan dimulai pada tahun 2025.

Dengan dimensi mobil yang lebih ringkas dan ukuran ban yang lebih besar. Juga ban baru menggunaka­n Bridgeston­e, menggantik­an Hankook yang di 2023-2024 menjadi pemasok ban tunggal.

 ?? FOTO: FIA FORMULAE ??
FOTO: FIA FORMULAE
 ?? ?? Pascal Wehrlein ingin lanjutkan tren podium di sirkuit Hermanos Rodriguez.
Pascal Wehrlein ingin lanjutkan tren podium di sirkuit Hermanos Rodriguez.
 ?? ?? Jake Dennis yakin akan banyak perlawanan karena rivalnya sudah terbiasa dengan karakter AWD Gen 3
Jake Dennis yakin akan banyak perlawanan karena rivalnya sudah terbiasa dengan karakter AWD Gen 3

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia