Otomotif

HANDLING & KENYAMANAN

-

Mitsubishi Xforce punya karakter bantingan suspensi yang terasa cukup keras saat melewati jalanan-jalanan kurang rata, terutama pada kecepatan rendah. Ini yang sedikit mengurangi faktor kenyamanan.

Namun begitu berbeda saat dibawa di kecepatan tinggi di ruas jalan tol misalnya, karakterny­a nyaman dan bikin pede melibas jalanan. Apalagi saat membawa penumpang penuh, Xforce terasa aman diajak jalan jauh.

Lalu kemudian soal

handling atau pengendali­an, ini yang mungkin bisa dibanggaka­n Mitsubishi Xforce. Walaupun memiliki ground clearance yang tinggi (222 mm), pengendali­an Xforce saat diajak bermanuver kencang di tikungan termasuk sangat baik dan mampu mengikuti kemauan pengemudi alias ‘nurut’.

Padahal logikanya dengan ground clearance yang tertinggi di antara rivalnya, gejala body roll dan limbung dapat sangat mudah terasa.

Selain berkat setelan suspensi yang karakterny­a sporty, Xforce dibantu sistem elektronis yakni kehadiran fitur Active Yaw Control (AYC) yang terintegra­si dengan sistem pengereman. Jadi fitur ini meningkatk­an performa menikung di berbagai kondisi jalan.

Cara kerjanya dengan melakukan penyesuaia­n gaya pengereman pada roda depan, AYC aktif saat menikung dalam kecepatan tinggi.

Misalnya, ketika menikung cepat ke kanan, maka ada pengereman otomatis pada roda depan sebelah dalam (kanan depan) agar mobil tetap stabil dan presisi. Begitu juga sebaliknya.

Walau begitu ada hal yang kami sayangkan di Mitsubishi Xforce ini. Dengan harga Rp 400 jutaan, Compact SUV ini bisa dikatakan tertinggal dari rival-rivalnya, lantaran tak dibekali fitur ADAS (Advance Driver Assistance System).

 ?? ?? Posisi duduk agak tinggi ala SUV hanya jok sedikit agak keras dan kami kurang suka setelan joknya
Posisi duduk agak tinggi ala SUV hanya jok sedikit agak keras dan kami kurang suka setelan joknya

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia