Otomotif

4 MODE BERKENDARA

-

Mitsubishi Xforce Ultimate CVT punya fitur canggih mode berkendara yang tak dipunyai rivalrival­nya. Terdapat 4 mode berkendara yang bisa diatur yaitu NORMAL, WET, GRAVEL, dan MUD.

Sesuai namanya, NORMAL untuk medan jalan yang umum, WET untuk situasi hujan atau basah, GRAVEL untuk kondisi tanah atau kerikil, dan MUD untuk lumpur.

Saat sesi test drive, kami mencoba pilihan mode berkendara­nya, lewat tombol di sebelah tuas transmisi. Pilihan mode berkendara­nya akan tampil pada layar di dasbor sehingga memudahkan pengemudi memantauny­a.

Cara kerja fitur ini adalah melibatkan pengaturan mesin, transmisi, rem, dan power steering yang kemudian terintegra­si dengan kontrol traksi, kontrol stabilitas, dan Active Yaw Control (AYC).

Pada mode NORMAL untuk situasi umum berkendara biasa, komputer mengatur kontrol traksi secara otomatis pada level 3 (menengah), yang artinya komputer masih mengizinka­n roda untuk spin, sebelum akhirnya sistem mengambil alih agar traksi tetap terjaga.

Lalu untuk respons Ayc-nya di level 1, respons akselerasi (mesin dan transmisi) di level 3, serta bobot setir di level 3.

Saat disetel di mode WET dan kondisi hujan, ada percaya diri yang lebih baik saat mesti bermanuver melewati genangan air maupun permukaan aspal yang basah saat hujan.

Mitsubishi bilang kalau saat mode WET diaktifkan, kontrol traksi diatur pada level 4 yang artinya komputer lebih banyak menginterv­ensi untuk mengurangi slip roda sehingga membantu ketika bermanuver.

Kemudian AYC di level 4 untuk meminimalk­an understeer, respons akselerasi diturunkan ke level 1,5 dan dan bobot setir di level 4. Maksudnya bobot setir dibikin terasa lebih berat untuk memberikan rasa nyaman kepada pengemudi.

Pada mode GRAVEL, kontrol traksi di level 1 yang artinya komputer mengizinka­n roda Mitsubishi XFORCE lebih banyak spin, lalu AYC di level 3, respons akselerasi di level 2, dan bobot setir di level 4.

Terakhir pada mode lumpur alias MUD, kontrol traksi di level 1, AYC dinonaktif­kan, respons akselerasi di level 1, dan bobot setir ada di set normal alias level 3. Ini disebut menjadikan Xforce lebih leluasa dikendarai di medan-medan agak berlumpur.

 ?? ?? Data Spesifikas­i
Mesin: 4A91 1.499 cc 4 silinder MIVEC, Tenaga: 103 dk/6.000 rpm, Torsi: 131 Nm/4.000 rpm, Transmisi: CVT/FWD, Dimensi (pxlxt): 4.390 mm x 1.810 mm x 1.660 mm, Wheelbase: 2.650 mm, Ground Clearance: 222 mm, Ukuran ban: 225/50R18, Kapasitas tangki: 42 liter, Harga: Rp 412,9 juta (On-the-road Jakarta)
Desain dasbor mengangkat kesan mewah dengan bahan fabric dan layar head unit yang kasih banyak info
Data Spesifikas­i Mesin: 4A91 1.499 cc 4 silinder MIVEC, Tenaga: 103 dk/6.000 rpm, Torsi: 131 Nm/4.000 rpm, Transmisi: CVT/FWD, Dimensi (pxlxt): 4.390 mm x 1.810 mm x 1.660 mm, Wheelbase: 2.650 mm, Ground Clearance: 222 mm, Ukuran ban: 225/50R18, Kapasitas tangki: 42 liter, Harga: Rp 412,9 juta (On-the-road Jakarta) Desain dasbor mengangkat kesan mewah dengan bahan fabric dan layar head unit yang kasih banyak info
 ?? FOTO: RENDY ?? Lantai bagasi bisa disetel lebih dalam
FOTO: RENDY Lantai bagasi bisa disetel lebih dalam
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia