Otomotif

PERSIAPAN KETAT MOTOR BARU

-

Sebuah gebrakan akan terjadi di Asia Road Racing Championsh­ip (ARRC) kelas Asia Production 250 (AP250). Kala dua motor baru dipastikan mengaspal pada kancah seperempat liter kasta balap Asia ini.

Dua motor tersebut adalah Kawasaki Ninja ZX-25R dan Yamaha R3. Kita bahas dari ZX-25R yang sudah diluncurka­n sejak 2020. Kedatangan­nya di AP250 memang ditunggu kala secara kubikasi mesin yang 250 cc masih masih di kelas ini meskipun memiliki empat silinder.

LIBATKAN TIM INDONESIA

Ada penyesuaia­n yang dilakukan, seperti memangkas rpm mesin menjadi 16.500 agar setara dengan Honda CBR250RR yang menjadi motor terkuat di AP250 saat ini.

Manual Tech yang menjadi tim Kawasaki terkuat di AP250 menjadi tim pertama yang dipastikan menggunaka­n ZX25R di ARRC 2024. Pembalapny­a, Aiki Iyoshi sudah melakukan tes di Buriram, Thailand bulan Desember lalu kala menguji ban dan setup untuk ECU aracer.

Sedangkan kaki-kaki, bentuk bodi dan rem masih standar pabrik. Nantinya, Manual Tech akan didukung oleh Kawasaki Motor Indonesia (KMI) dalam penyediaan motor.

Manual Tech baru memastikan Aiki Iyoshi sebagai pembalap mereka di 2024 kala pembalap Indonesia, Irfan Ardiansyah yang membela tim asal Yogyakarta ini di 2023 belum dikonfirma­si turun balap Asia.

Alhasil sejauh ini masih mempersiap­kan satu motor saja dan baru turun di balap Asia, belum mencoba ke Kejurnas.

“Satu pembalap dulu, sambil lanjut riset dan memastikan semuanya siap untuk ZX-25R turun balap ARRC,” kata Ibnu Sambodo, Kepala Mekanik dan Pimpinan Tim Manual Tech. Jika sudah siap, maka tim ini akan jadi andalan untuk meriset ZX-25R yang diprediksi akan ramai di 2025.

Pun dengan Yamaha R3 yang masuk ke AP250 menggantik­an R25 yang sudah dipakai sejak 2015. Yamaha Racing Indonesia ( YRI) sebagai tim Yamaha terdepan dipastikan akan menggunaka­n motor yang dipasarkan di Eropa itu.

Meskipun R3 sendiri diproduksi

oleh Yamaha

Indonesia Motor Manufactur­ing

( YIMM), sehingga memang masih masuk kategori Asia Production atau motor produksi Asia, berbeda dengan Ninja 300.

Hal ini mirip dengan kisah Honda CBR300R satu silinder yang pernah digunakan Honda Racing Thailand tahun 2017. Kini Yamaha dengan mesin 300 cc dua silinder tentu saja akan menjadi tantangan baru dari segi performa dan teknologi.

Pihak YIMM yang membina YRI mengatakan, “Nanti tunggu saja kejutan dan pengumuman resminya,” kata Anton Widiantoro,

General Manager Marketing & Public Relation YIMM untuk kabar selanjutny­a.

Meskipun beberapa mekanik di Indonesia dan tim satelit Yamaha sudah memberikan kisi-kisi kalau YRI akan menggunaka­n Yamaha R3 di AP250 tahun ini.

Kini tinggal menunggu konfirmasi dari pihak YRI saja, pun dengan line-up pembalap tim berkelir biru ini di 2024 mengingat Galang Hendra yang menjadi pembalap senior tak lagi bergabung di tim ini. Tak pelak akan ada perubahan susunan pembalap dan muka baru di tim asuhan Wahyu Rusmayadi ini.

Dua motor ini akan menjadi rival baru dalam dominasi Honda CBR250RR. Apalagi Astra Honda Racing Team (AHRT) sebagai tim pabrikan AHM baru saja menjadi juara Asia AP250 lewat Rheza Danica di tahun 2023. Tak pelak dominasiny­a masih akan berlanjut melawan dua rival hijau dan biru.

 ?? FOTO: ARRC TWMR ??
FOTO: ARRC TWMR
 ?? ?? Kawasaki Ninja ZX-25R akan digunakan tim Indonesia, Manual Tech dengan satu pembalap yang baru terkonfirm­asi
Kawasaki Ninja ZX-25R akan digunakan tim Indonesia, Manual Tech dengan satu pembalap yang baru terkonfirm­asi
 ?? ?? Yamaha R3 jadi besutan baru Yamaha Racing Indonesia di ARRC 2024.
Yamaha R3 jadi besutan baru Yamaha Racing Indonesia di ARRC 2024.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia