Otomotif

NI HAO BYD

- R. PANJI MAULANA Editor in Chief panjioto@gmail.com

Huān yíng BYD (selamat datang BYD). Cukup lama kabar pabrikan otomotif asal Cina ini akan meramaikan pasar mobil di Tanah Air. Dan akhirnya, secara resmi diumumkan peluncuran brand dan produknya hari Kamis (18/1) di Taman Mini Indonesia Indah, Jaktim.

Seperti diketahui, Wuling, MG, Chery dan Neta telah lebih dulu bermain di mobil listrik atau BEV (Battery Electric Vehicle) di Indonesia.

Dan saat ini, BYD sepertinya akan serius terjun ke mobil listrik bersama empat brand asal Cina itu.

BYD seakan mahluk baru yang tiba-tiba muncul dikancah mobil listrik? Siapa sih BYD itu? Eits, ternyata bukan sembarang merek mobil biasa, kiprahnya di dunia mobil listrik sudah membumi dan terkenal di luar sana.

Bicara prestasi, penjualann­ya sudah mencapai 3 juta unit di seluruh dunia. Hebatnya lagi, BYD berhasil mengalahka­n penjualan Tesla, mobil listrik asal Amerika Serikat yang terkenal itu. Wow!

Padahal BYD itu sama-sama perusahaan teknologi seperti Tesla. Tapi kenapa bisa lebih berkembang dan laku terjual di seluruh dunia? Apa hebatnya mobil BYD dan kenapa tertarik berbisnis di Indonesia?

Pertanyaan-pertanyaan itulah yang kerap ditanyakan orang awam. Nah, biar enggak penasaran, OTOMOTIF ingin memberikan informasi dan pengetahua­n tentang profil bisnis BYD lebih dalam di edisi ini.

Dan pastinya, ketiga mobil listrik barunya yang memiliki teknologi tidak kalah dengan kepunyaan Wuling, MG, Chery, Neta, Hyundai atau Toyota sekalipun.

Bisakah BYD juga menjadi ‘raksasa’ otomotif khususnya mobil listrik di Indonesia, mengalahka­n brand asal Korea Selatan, Jepang ataupun Cina lainnya? Waspadalah!•

 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia