Otomotif

DESAIN & INTERIOR

-

Secara tampilan luar, bisa dibilang Omoda E5 ini tidak jauh berbeda dengan versi Ice-nya (Internatio­nal Combustion Engine), yakni Omoda 5 series.

Ia memiliki dimensi panjang 4.424 mm, lebar 1.830 mm, dan tinggi 1.588 mm. Jarak poros rodanya sejauh 2.630 mm. Dimensi tersebut mirip-mirip rivalnya sesama brand Cina, yakni BYD Atto 3.

Perbedaan mencolok hanya ada di bagian fascia depan, dimana tidak ada lagi grill berlubang untuk masuknya udara, lalu bentuk rear upper spoiler yang lebih atraktif, serta desain pelek yang khas kendaraan listrik.

Namun ketika masuk ke dalam kabinnya, baru dah terlihat cukup banyak perbedaann­ya. Warna interiorny­a itu loh, stylish banget dengan kombinasi warna biru dan krem. Bentuk jok yang sudah semi bucket membuat nuansa kabin juga terasa sporti.

Kerennya lagi, kombinasi warna biru dan krem tadi bukan hanya pelapis jok berbahan kulit saja, melainkan hingga ke beberapa panel di dasbor dan trim pintu.

Tampilan meter cluster dan head unit- nya juga tak kalah berkelas dan terkesan canggih serta futuristik. Modelnya sama seperti Omoda ES yang kami coba di China. Yakni mengusung dual layar sentuh 24,6 inch dengan fitur konektivit­as Bluetooth dan USB. Mantul!

akselerasi yang berbeda, tentunya mode Sport cenderung lebih agresif.

Kerennya lagi, ada pula Multi Vehicle Mode yang terdiri dari Extreme energy saving, Discharge Mode, Camping Mode, dan Invigorati­ng Mode.

Mode terakhir ini (Invigorati­ng Mode) kalau diterjemah­kan artinya Mode Penyegaran. Maksudnya, mode ini saat aktif memiliki tugas untuk menyegarka­n tubuh driver.

“Jadi ketika sensor membaca wajah driver terlihat lelah atau mengatuk, maka secara otomatis sistem akan mengfungsi­kan semburan udara dingin pada ventilated seat- nya, sehingga badan driver jadi segar kembali,” jelas Zeng Shuo.

Untuk sensor pendeteksi­nya adalah DMS (Driving Monitoring System) yang ada di dekat setir. Keren!

Lalu yang kami kagumi saat menjajalny­a di seputaran BSD, bantingan suspensiny­a terasa nyaman di dalam kabin. Baik saat melewati polisi tidur agak cepat maupun marka kejut, tidak begitu terasa guncangann­ya.

Saat diajak menikung cepat pun handling cukup stabil. Meski ada terasa sedikit mengayun, namun akan langsung dikoreksi oleh sistem stability control- nya.

Oiya, meski menggunaka­n mode berkendara Eco maupun Normal, entakan akselerasi­nya terbilang sangat kuat nih. Saat kami coba bejek gas dalam untuk berakseler­asi spontan, ban depan beberapa kali spin saking kuatnya torsi motor listriknya.

Apalagi ketika pakai mode Sport, makin jadi deh entakan akselerasi­nya. Badan serasa seperti dijambak ke belakang. Padahal itu dalam kondisi kabin berisi 3 penumpang dewasa loh.

Dan saat kami coba mengukur waktu tempuhnya untuk berlari dari 0 – 100 km/ jam menggunaka­n aplikasi Drag Racer berbasis GPS yang ada di smartphone, woww.. mobil ini mampu menuntaska­nnya dalam waktu 7,6 detik saja.

Rasanya kalau kondisinya sendirian, bukan tidak mungkin 7 detik bersih bisa diraih. Tapi itu nanti kita akan buktikan setelah mobil ini resmi dilaunchin­g, termasuk hasil tes lengkapnya. Tunggu saja ya!

 ?? ??
 ?? FOTO: DIC ?? Rona biru kombinasi krem juga sampai ke setir, dasbor dan trim pintu
FOTO: DIC Rona biru kombinasi krem juga sampai ke setir, dasbor dan trim pintu
 ?? ?? Ada fitur Invigorati­ng Mode yang bantu pengemudi ketika lelah atau ngantuk jadi segar kembali
Ada fitur Invigorati­ng Mode yang bantu pengemudi ketika lelah atau ngantuk jadi segar kembali
 ?? ?? Terdapat banyak komparteme­n di konsol tengah
Terdapat banyak komparteme­n di konsol tengah
 ?? ?? Port pengisian DC (atas) dan AC ada di bumper depan
Port pengisian DC (atas) dan AC ada di bumper depan
 ?? ?? Pengaturan AC bisa dari layar head unit
Pengaturan AC bisa dari layar head unit
 ?? ?? Sistem audio dan speaker dari Sony
Sistem audio dan speaker dari Sony
 ?? ?? Sistem suspensi belakang independen seperti di Omoda 5 GT
Sistem suspensi belakang independen seperti di Omoda 5 GT
 ?? ?? Ada 3 pilihan mode berkendara
Ada 3 pilihan mode berkendara

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia