Otomotif

PINJAM MILIK SAUDARA

- •

Meski baru saja keluar, ternyata sudah ada knalpot aftermarke­t untuk Yamaha Lexi LX 155. Tentunya cocok digunakan untuk belum puas dengan performa standarnya, apalagi yang ingin menggunaka­n motornya buat di sirkuit. Siapa tahu ada yang mau coba

buat trackday.

OTOMOTIF ngomongin ganti knalpot karena sudah ada yang mengganti knalpot bawaan Lexi LX 155 dengan produk aftermarke­t!

Sesuai namanya, Lexi LX 155 kini menggendon­g mesin 155 cc yang basisnya serupa dengan dua saudaranya, Yamaha NMAX 155 dan Aerox 155. Mesin yang dipakai Lexi merupakan 155 cc generasi ketiga atau terbaru. Klaim torsinya lebih besar dari Aerox 155!

Dengan mesin yang sama membuat Lexi LX 155 dapat menggunaka­n knalpot aftermarke­t yang aslinya buat dua MAXI Yamaha tersebut. Sudah ada yang mempraktik­kan yaitu Rey Ratukore dari Rey Speed Shop di Yamaha Service Center Mekar Cibinong, Bogor.

Beberapa waktu lalu kami menemui pembalap motor nasional ini di workshop RSS yang berlokasi di Jl. Raya Mayor Oking Jaya Atmaja NO.88A, Cirimekar, Cibinong, Bogor, Jawa Barat dan bertemu dengan Lexi LX 155 yang sudah menggunaka­n knalpot R9. Rey menyebut knalpot yang digunakan untuk Yamaha NMAX.

Menurutnya secara pemasangan sudah plug & play alias tinggal pasang karena selain mesin yang sama, dudukan knalpotnya termasuk di swingarm sama persis!

Knalpot R9 ini model full system dibuat dari stainless steel. Karena termasuk ke jenis standard racing, suara yang dihasilkan juga tidak menggelega­r, melainkan ngebas dan tetap halus walau lebih keras dari standar.

Serunya lagi menurut Rey pemasangan­nya cukup singkat, hanya butuh waktu sekitar 5-10 menit saja jadi bisa ditunggu. Setelah pemasangan juga tidak perlu diremap atau pasang piggyback.

“Berdasarka­n dyno yang ada grafik AFR ( air to fuel ratio) jadi lebih basah daripada standar,” ujar pria ramah ini.

Dilihat dari data dyno yang diberikan oleh Rey ada kenaikan tenaga 0,48 dk, dari 10,84 dk jadi 11,32 dk. Sementara itu torsinya naik tapi tidak terlalu signifikan, hanya 0,04 Nm dari 11,80 Nm ke 11,84 Nm.

Mungkin terkesan tidak besar, tapi kenaikkann­ya sudah terbukti dibandingk­an hanya pakai knalpot demi suara besar tapi tenaganya malah turun.

Dipadukan dengan mengupgrad­e komponen lain seperti pengapian atau malah sekalian diremap, tenaga yang dihasilkan niscaya akan lebih besar lagi!

Apabila tertarik bisa langsung menyambang­i gerai Rey Speed Shop dan membawa mahar sebesar Rp 1.665.000.

Oiya mengingat knalpot R9 ini bisa digunakan di Lexi LX 155, tentu knalpot aftermarke­t lain buat NMAX juga bisa dipakai. Di pasaran ada beberapa merek seperti ROB1, K Race, Over Racing, Proliner sampai Daytona.

Mau pilih yang mana?

 ?? ?? Lekukan leher knalpot R9 NMAX dapat terpasang dengan sempurna di Lexi LX 155
Lekukan leher knalpot R9 NMAX dapat terpasang dengan sempurna di Lexi LX 155
 ?? ?? Pegangan bawah knalpot R9 langsung dapat terpasang di Lexi LX
Pegangan bawah knalpot R9 langsung dapat terpasang di Lexi LX
 ?? ?? Knapot R9 model Standar Racing bikin suara yang dihasilkan tetap adem
Knapot R9 model Standar Racing bikin suara yang dihasilkan tetap adem
 ?? ?? Dudukan baut pada swingarm Lexi LX 155 pun sama dengan NMAX
Dudukan baut pada swingarm Lexi LX 155 pun sama dengan NMAX

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia