Otomotif

JADI WADAH BARU

-

Berawal dari Kopi Darat (Kopdar) bareng, tiga komunitas mobil yakni Nav1, Noah & Voxy Community Indonesia (Navy.id); Voxy Club Indonesia (VCI) dan Alphard Vellfire Owners Club Indonesia (AVOCI) sepakat untuk membentuk suatu wadah agar anggota lintas komunitas bisa lebih saling mengenal.

Inisiasi tersebut akhirnya terwujud pada Sabtu (27/1) di Podomoro Golf View (PGV), Cimanggis, Kab. Bogor, Jabar.

Di hari itu, dilakukan deklarasi The Big Van Indonesia (BVI), yang menjadi wadah bagi komunitas mobil van dengan kapasitas mesin 2.000-3.500 cc, baik bermesin bensin maupun diesel.

Menariknya, secara jumlah juga turut bertambah, tidak hanya tiga komunitas terdahulu. Tapi juga diikuti Hyundai H-1 Family Indonesia (H1FI), Biante Owner Club (BOC), Indonesia Serena Owner Community (ISOC), Nissan Elgrand Owners Community (NEOC) dan Mitsubishi Delica D5 Indonesia (D:5i) yang turut bergabung ke dalam BVI.

Sekitar lebih dari 20 mobil dari masing-masing komunitas ikut dalam deklarasi tersebut.

Diawali dengan sebagian besar anggota kumpul di Cibis Park, Jaksel kemudian konvoi ke lokasi PGV. Tidak sedikit pula yang langsung ke lokasi karena rumahnya dekat dari situ.

Sesampainy­a di lokasi, beberapa acara sudah menanti. Seperti hadirnya band performanc­e, talk show, deklarasi yang diwakili oleh masing-masing ketua

umum, juga talk show dari anggota komunitas.

Talk show ini cukup menarik, karena pembicaran­ya punya keahlian masingmasi­ng. Seperti Andra dari AVOCI sebagai pemilik bengkel Platinum yang membicarak­an modifikasi khususnya pemasangan air suspension.

Kemudian ada lagi Nabil Ibrahim, Presiden NEOC yang membahas seputar oli transmisi matik. Dilanjutka­n Nabil Yusuf, Ketua Umum Navy.id tentang keteratura­n konvoy, juga berkomunit­as.

Masih ada lagi perwakilan dari H1FI yang mengupas mengenai campervan, baik pembuatan serta regulasiny­a.

Hadirnya BVI ini diharapkan mampu menjadi jembatan komunikasi antar komunitas. Selain itu juga membuat komunitas lebih menyatu.

“Adanya The Big Van Indonesia ini menyatukan dan membesarka­n kita,” ucap Yusman, Ketua Umum (Ketum) BOC sambil menyebutka­n yel-yel BVI: ‘Jaya-jayaJaya’.

Bukan hanya komunikasi saja, diharapkan untuk selanjutny­a akan tercipta aktivitas-aktivitas bersama antar komunitas.

“The Big Van Indonesia menjadi wadah perkumpula­n mobil van yang berukuran besar, yang juga punya visi dan misi sama dalam dunia otomotif,” tambah Jeffrey Irawan, Ketua Umum VCI.

Nabil Yusuf, Ketua Umum Navy.id menambahka­n dengan adanya komunitas yang lebih luas ini membuka peluang untuk saling bertukar informasi serta menjalin semangat kebersamaa­n.

“Diharapkan juga akan semakin kompak dan semakin banyak manfaatnya di kemudian hari,” jelas pria asal Sumbar ini.

BVI tidak berhenti sampai di deklarasi saja. Tapi jelas ke depannya akan ada kegiatan bersama.

Soebekti, Ketua Umum AVOCI justru sudah mengajak untuk membuat Jambore Nasional (Jamnas) setiap tahunnya. Dengan rangkaian yang lebih panjang dan banyak tentu akan sangat menarik.

Namun sebelum menuju Jamnas, akan ada kegiatan turing bersama ke luar kota bersama-sama dengan keluarga.

Sebagai informasi. Saat ini BVI mencakup 8 komunitas mobil van yang bergabung jadi satu.

Yaitu Nav1, Noah & Voxy Community Indonesia (Navy.id); Voxy Club Indonesia (VCI); Alphard Vellfire Owners Club Indonesia (AVOCI); Biante Owner Club (BOC); Hyundai H-1 Family Indonesia (H1FI); Indonesia Serena Owner Community (ISOC); Nissan Elgrand Owners Community (NEOC) serta Mitsubishi Delica D5 Indonesia (D:5i).

Berdasar data dari masing-masing komunitas, total keanggotaa­n BVI lebih dari 1.500 member. • RSP

 ?? ??
 ?? ??
 ?? FOTO: ISTIMEWA ??
FOTO: ISTIMEWA
 ?? ??
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia