Otomotif

SUZUKI GRAND VITARA

-

Suzuki Grand Vitara termasuk pendatang baru di segmen SUV 5- seater. Punya history generasi Vitara sebagai mobil penakluk jalanan segala medan, All New Grand Vitara hadir dengan tampilan yang lebih modern dan futuristik.

Secara desain dan kelengkapa­n fitur pun ia tak kalah keren dari rival-rivalnya. Lampu depan sudah LED yang dirancang sejajar grill. Lalu kami juga suka tampilan belakangny­a, dengan desain lampu kombinasi yang keren dan sudah LED, yang nyambung berupa garis dari kiri ke kanan, sehinga membuat kesan mewah.

Kemewahan juga terasa di bagian interiorny­a. Terdapat banyak panel yang dibalut kulit, seperti di dasbor dan trim pintu depan. Dengan jok berbahan kulit menurut kami cukup empuk, dan kontur sandaranny­a terasa memeluk badan.

Nah, salah satu fitur unggulan dari mobil ini adalah ia sudah dibekali teknologi hybrid, meski jenisnya mild hybrid. Teknologi bernama Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) terbukti mampu menekan emisi gas buang dan meningkatk­an efisiensi bahan bakar.

Pasalnya di dalamnya terdapat juga fitur Engine Auto Start-stop. Dimana saat mobil berhenti sekian detik, misalnya di lampu merah atau saat terjebak macet, maka mesin secara otomatis akan mati untuk menghemat pemakaian bahan bakar dan menyetop emisi gas buang.

Ia juga telah dilengkapi Cruise Control (CC) dan Head Up Display (HUD). Fitur CC ini bisa membuat kaki pengemudi bisa rileks sejenak saat crusing di jalan tol. Sedangkan HUD membuat kepala pengemudi tak perlu sering-sering menunduk ke arah meter cluster untuk melihat informasi seputar kendaaraan, karena bisa dilihat pada HUD.

Karakter suspensiny­a juga kami suka, terbilang moderat ke arah empuk. Handling- nya juga nyaman dan stabil berkat racikan pas sistem suspensi dengan Macpherson Strut with Coil Spring di bagian depan dan Double Action Telescopic Torsion Bar.

Oiya, teknologi SHVS pada Grand Vitara ini terdiri dari 3 komponen inti, yaitu Integrated Starter Generator (ISG), baterai Lithium-ion berdaya 6Ah 12V, dan aki konvension­al berdaya 55 Ah 12 Volt.

Fungsi ISG selain sebegai generator buat pengisian daya ke baterai Lithium-ion maupun aki, juga sebagai motor listrik yang membantu putaran mesin saat berakseler­asi.

Grand Vitara juga dibekali sistem kamera 360 derajat, rear parking camera, parking sensor, panoramic sunroof (khusu tipe GX), LED Projector Headlamp dengan Autolight with Guide Me Light, hingga wireless charging.

Lalu berkendara di malam hari juga makin asyik berkat adanya illuminati­on lamp warna putih yang terdapat pada dasbor depan dan ruang handle pintu kabin.

Sipnya lagi, bila ingin sensasi berkendara yang lebih sporty, ia dilengkapi dengan paddle shift. Lalu head unit touchscree­n 9 incinya juga sudah bisa terkoneksi dengan smartphone lewat Apple Carplay dan Android

Varian & Harga Suzuki Grand Vitara Auto.

Rp 359,4 Sayangnya pengaturan­nya joknya masih manual, dan belum

Rp 387,4 juta dilengkapi teknologi ADAS.

 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia