Otomotif

HYUNDAI CRETA

-

Muncul pertama kali tahun 2021 dengan 4 pilihan varian, yaitu Active, Trend, Style dan Prime. Lalu di 2023 kemarin PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) melakukan beberapa sentuhan baru ( facelift) pada Creta, bahkan menawarkan satu varian baru bernama Hyundai Creta Dynamic Black Edition.

SUV 5- seater andalan Hyundai ini yang dikasih banyak fitur canggih serta fitur keselamata­n terkini.

Pengaturan setir sudah tilt dan teleskopik, ada tombol Start/stop yang ada di dasbor sebelah kanan setir, guna menyalakan mesin.

Sipnya lagi, kenyamanan saat duduk di joknya yang dibalut kulit, tak hanya dirasakan bagian depan, duduk di baris kedua pun sama. Dan yang bikin kami kagum, dalam kondisi semua pintu dan jendela tertutup, suara mesin saat baru nyala, nyaris tak terdengar nih. Mantap deh peredaman kabinnya!

Kabinnya juga lega dan nyaman, dengan suguhan head unit berlayar lebar 10,25 inci di tengah dasbor yang telah dilengkapi fitur koneksi ke smartphone tanpa kabel.

Untuk akomodasi barang di bagasi juga terbilang luas. Bila ingin membawa barang lebih, cukup lipat salah satu kursi belakang yang konfiguras­inya 60-40.

Dan yang jadi keunggulan dari Hyundai Creta, terutama untuk varian paling atas (Prime). Yaitu disematkan fitur-fitur keselamata­n canggih yang terinterga­si dalam Hyundai Smartsense.

Mulai dari FCA (Forward Collision-avoidance Assist), BCA (Blind-spot Collision- Avoidance Assist), RCCA (Rear Cross Traffic Collision-avoidance Assist, LKA (Lane Keeping Assist), LFA (Lane Following Assist), DAW (Driver Attention Warning), DRVM (Driver Rear View Monitor, 6 buah airbag, dan lain-lain.

Selain itu, fitur terbaik SUV bikinan Korea Selatan ini adalah Bluelink-nya. Terdapat tombol RSA yang ada di plafon kabin depan yang bertulisan B alias Bluelink. Dan tombol SOS yang berguna ketika kita membutuhka­n bantuan ketika pengendara atau penumpang mengalami kondisi darurat. Keren!

Kuping dimanjakan dengan speaker premium keluaran BOSE. Ditambah adanya fitur air purifier. Lalu ketika ingin menikmati suasana pemandanga­n kota, tinggal buka panoramic sunroof- nya. Mantap kan?

Bicara karakter suspensiny­a Creta terbilang moderat dan stabil. Gejala body roll saat menikung dengan kecepatan sedang maupun tinggi, sangat minim.

Namun ada sedikit yang menganggu kami, dengan semua fitur melimpah diatas yang kami sayangkan untuk pengaturan jok masih manual, untuk pengaturan AC masih model knop putar, tapi sudah digital.

 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia