Otomotif

PERFORMANY­A

-

BYD Dolphin tipe Premium Extended Range ini dipersenja­tai satu buah permanent magnet synchronou­s motor yang menggerakk­an roda depan (FWD), dengan daya maksimum 150 kw atau setara 201 dk dan torsi 310 Nm.

Pemasok listrik ke motor electric- nya menggunaka­n jenis Lithium Ferro Phosphate (LFP) battery yang dikasih nama BYD Blade Battery, berdaya 60,48 kwh. Dalam kondisi baterai ini terisi penuh, mampu menjalanka­n Dolphin tipe tertinggi ini sejauh 490 km, berdasarka­n pengetesan metode NEDC (New European Driving Cycle).

Sementara bila menggunaka­n metode WLTP (Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure) yang menurut beberapa pabrikan akurasinya lebih mendekati aktual, bisa mencapai 427 km.

Lalu soal performa akselerasi­nya, menurut klaim BYD untuk mencapai kecepatan 0-100 km/jam, tipe Premium Extended Range yang kami jajal ini bisa meraihnya dalam waktu 7 detik bersih. Tentunya itu dalam kondisi nyetir sendirian.

Nah, hasil pengukuran kami dalam kondisi kabin terisi 3 orang dewasa dengan barang bawaan masing-masih (tas), waktu tempuh dari - 100 km/jam dapatnya 7,8 detik. Pencapaian segitu diukur menggunaka­n aplikasi Drag Racer berbasis GPS di smartphone kami. Rasanya bila ngegas sendirian tanpa penumpang dan barang, besar kemungkina­n bisa dapat 7 detik.

Tapi yang bikin kami lebih tercengang lagi adalah top speednya. Bila BYD mengklaim lari maksimum Dolphin tipe Premium Extended Range ini bisa mencapai 160 km/jam, namun saat kami tes di jalan lurus bebas hambatan, ternyata hasilnya bikin kaget, malah mentoknya bisa sampai 172 km/jam cuy. Gokil ya larinya!

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia