Otomotif

FITUR & TEKNOLOGI

-

Fitur yang diusung Burgman Street 125EX cukup fungsional untuk menunjang kegiatan berkendara. Bisa dibilang enggak kalah kalau dibanding Vario

125, bahkan ada yang lebih baik.

Mulai dari panel instrumen full LCD, meski layar monokrom yang bentuknya hampir sama di semua motor Suzuki saat ini, namun ukurannya cukup besar sehingga info yang disajikan mudah dibaca.

Isinya cukup lengkap, ada spidometer besar, jam digital, fuelmeter, indikator suhu mesin, realtime fuel cons., average fuel cons., odometer, tripmeter 1 & 2, voltmeter dan pengingat interval penggantia­n oli. Di sisi layar LCD juga ada indikator lampu jauh, lampu sein, MIL, indikator ECO dan EASS ( Engine Auto Stop-start).

Selanjutny­a ada komparteme­n penyimpana­n di bawah setang. Sebelah kiri dilengkapi dengan tutup, di dalamnya juga ada USB power outlet 2A. Sementara kantung di sebelah kanan dapat menampung botol minum. Di bagian dek juga terdapat gantungan barang di depan dan belakang.

Di bawah jok tersedia bagasi dengan kapasitas mencapai 21,5 liter, lebih besar dari milik Vario 125 yang hanya 18 liter, tentu dapat menampung jas hujan dan barang-barang lainnya. Helm half face bisa masuk, namun ukurannya harus yang kecil agar jok dapat ditutup.

Burgman Street 125EX masih menggunaka­n kunci kontak dengan anak kunci konvension­al. Walau begitu sudah menggunaka­n pengaman magnet yang dapat ditutup dengan menekan tombol. Lubang kunci juga sekaligus digunakan untuk membuka bagasi, jadi tak perlu lagi cabut anak kunci.

Dengan dimensi dek yang luas, Burgman Street 125EX mampu membawa barang besar di atas deknya. Galon air mineral mudah saja diletakkan di atasnya. Bahkan dalam kondisi berdiri, bisa memuat dua buah galon sekaligus. Dek Vario 125 tidak selega itu!

Perangkat pengereman menggunaka­n satu buah cakram 190 mm yang dijepit oleh kaliper Nissin 1 piston. Sementara rem belakang menggunaka­n teromol. Handel remnya terasa ringan saat ditarik dengan performa pengereman yang baik.

Suzuki menyematka­n pelek 12 inci cast aluminium di Burgman Street 125EX. Pelek ini dibalut oleh ban berukuran 90/90-12 dan 100/80-12. Secara tampilan terlihat terlalu kurus jika dibandingk­an dengan bodinya yang besar. Tapi bisa disiasati dengan mengganti ban yang lebih lebar.

 ?? FOTO: RANGGA ?? Panel instrumen LCD monokrom khas motor Suzuki
FOTO: RANGGA Panel instrumen LCD monokrom khas motor Suzuki
 ?? FOTO: RANGGA ?? Tombol starter sekaligus jadi tombol EASS
FOTO: RANGGA Tombol starter sekaligus jadi tombol EASS
 ?? ?? Dengan dek luas mudah saja membawa galon air mineral
Dengan dek luas mudah saja membawa galon air mineral
 ?? ?? Laci kiri dilengkapi tutup dan USB charging port di dalamnya
Laci kiri dilengkapi tutup dan USB charging port di dalamnya

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia