Otomotif

AWAL SEMPURNA NEUVILLE

-

Thierry Neuville buka tahun 2024 dengan kemenangan setelah bersaing ketat dengan duo Toyota Gazoo Racing WRT, Sebastien Ogier dan Elfyn Evans dalam WRC Monte Carlo (25-28/1) minggu lalu.

Pereli Hyundai Shell Mobis WRT itu berhasil membalikan kedudukan dengan Sebastien Ogier dan Evans berkat penampilan cemerlang di hari Sabtu (27/1).

Sebelumnya Evans sempat memimpin jalannya balapan dari awal (25/1) sampai akhirnya harus disalip oleh pembalap tim Hyundai Shell Mobil WRT tersebut pada Sabtu.

Tidak hanya

Neuville, Ogier rupanya mampu menyingkir­kan Evans dari posisi kedua berkat dua kali jadi yang tercepat di special stage di hari yang sama.

Neuville dan Ogier hanya terpaut jarak 3,3 detik saat memasuki balapan di hari Minggu. Tiga SS yang tersisa akhirnya berhasil disapu bersih oleh pembalap utama Hyundai tersebut dengan keunggulan waktu 16,1 detik dari posisi kedua.

“Saya tidak sanggup berkatakat­a sejujurnya. Sungguh luar biasa akhir pekan ini, saya merasa sangat nyaman di dalam mobil,” ujar Neuville usai mengakhiri balap di stage akhir di Col de Turini yang ikonik itu.

Juara di reli Monte Carlo 2024

RED BULL CONTENT POOL menandai kemenangan ke-20 Neuville selama berkarir di WRC. Pembalap berkacamat­a beserta codriver Martijn Wydaeghe ini berhasil membawa pulang total 30 point.

Ogier harus puas dengan 24 point di posisi kedua, sedangkan Evans yang mengalami kendala pada sistem hybrid di GR Yaris Rally1 besutannya bertengger di posisi ketiga dengan total 21 point.

Di seri berikutnya, Evans akan kembali jadi pembalap utama tim Toyota, karena Ogier hanya mengikuti beberapa reli saja alihalih full satu musim.

Dari segi klasemen konstrukto­r, Toyota Gazoo Racing WRT

memimpin musim 2024 dengan raihan total 54 point berkat dua pembalapny­a yang mengisi podium, ditambah Takamoto Katsuta yang berhasil finish di posisi ke enam dengan 9 point.

Di posisi kedua ada Hyundai dengan total 45 point berkat bantuan Ott Tanak yang kini kembali mengendara­i Hyundai i20 N Rally1 dan finish di posisi ke empat.

Rallye Monte Carlo juga sekaligus jadi perkenalan sistem point baru di WRC 2024. Sebelumnya, point diberikan berdasarka­n hasil akhir setiap balapan.

Pemenang mendapat 25 point dan terus berkurang sampai hanya 1 point untuk pembalap yang finish di posisi 10. Selain hasil akhir tersebut, masih ada tambahan point bonus yang didapat pada Wolf Power Stage di hari terakhir kompetisi (Minggu).

Jika pembalap berhasil menang seri dan power stage, ia berhak mendapat total point maksimum sebesar 30 point.

Dalam sistem point yang baru, jumlah point maksimum yang bisa didapat tetap 30 point. Namun, diberikan selama reli berlangsun­g tidak hanya saat finish. Pada hari Sabtu, point akan diberikan kepada pembalap berdasarka­n posisi yang didapat di final time control. Dengan rincian posisi pertama mendapat 18 point sampai posisi 10 hanya 1 point.

Untuk mengamanka­n point tersebut, pembalap harus finish reli di hari Minggu alias tidak boleh DNF. Selanjutny­a di hari Minggu ada lagi sistem point yang berbeda, di mana posisi pertama mendapat 7 point sedangkan posisi ke tujuh hanya 1 point.

Sistem point itu hanya berlaku pada special stage di Minggu saja. Membuatnya seolah menjadi sebuah sprint race.

 ?? ??
 ?? ?? Thiery Neuville berhasil membalik kedudukan dan mengawali 2024 dengan sempurna
Elfyn Evans harus puas di posisi ketiga karena kerusakan sistem hybrid di GR Yaris Rally1
Thiery Neuville berhasil membalik kedudukan dan mengawali 2024 dengan sempurna Elfyn Evans harus puas di posisi ketiga karena kerusakan sistem hybrid di GR Yaris Rally1
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia