Otomotif

KENYAMANAN & HANDLING

-

Karena soal tampilan sudah pernah kami ulas panjang lebar saat peluncuran resmi maupun sesi first drive- nya, kita langsung saja kulik mengenai kenyamanan dan handlingny­a.

Untuk masuk dalam kabinnya, jagoan Suzuki ini sudah dibekali fitur keyless entry. Jadi cukup kantongi remote keylessnya, lalu pencet tombol pada gagang pintu dengan aksen chrome.

Pada tipe ini, nuansa kabinnya terkesan elegan dengan warna hitam yang lebih dominan. Di bagian tengah dasbor di bawah kisi-kisi AC terdapat marbling bermotif wood warna hitam. Joknya kombinasi bahan fabric warna hitam dan kulit sintetis yang punya kesan sporti elegan.

Joknya ini menurut kami cukup empuk, dan kontur sandaranny­a terasa memeluk badan dengan baik. Sayangnya untuk pengaturan joknya sendiri masih manual. Tapi tenang, gagang pengaturan yang besar dan kokoh sangat mudah dioperasik­an.

Lanjut ke bagian panel speedomete­r dan takometer yang terlihat dihiasi dengan warna biru. Pada layar Mid-nya terdapat berbagai informasi kendaraan yang cukup lengkap. Mulai dari trip, odometer, konsumsi BBM riil time maupun average, waktu perjalanan, hingga simulasi torsi dan power mesin, serta kerja sistem Smart Hybrid-nya.

Tak sabar, kami pun segera mengatur posisi duduk yang ideal untuk mendapatka­n visibiltas ke arah depan yang optimal. Brummm.. mesin pun nyala setelah kami pencet tombol Start/ Stop sembari injak pedal rem.

Saat tangan kami menggengga­m batang setirnya, terasa pas dan nyaman berkat balutan kulit. Usai temperatur mesin dirasa sudah mencapai suhu kerja, mobil pun segera kami jalankan ke arah jalur bebas hambatan.

Wahh.. ternyata kemampuan peredaman kabinnya cukup baik, saat melintas di jalan aspal maupun beton yang mulus hingga sedikit rusak, suara raungan mesin dan putaran ban tidak begitu terdengar di dalam kabin.

Nah, ketika melintas di jalan yang berlubang hingga jalur berbatu, kami rasakan bantingan suspensi yang mengusung konstruksi Macpherson Strut dengan coil spring di bagian depan dan Torsion beam with coil spring di belakang, mampu meredam guncangan dengan cukup baik.

Saat kami ajak sedikit bermanufer di tikungan pada kecepatan 60 km/jam. Hemm.. ini yang kami suka dari New Xl7 Hybrid handling- nya dibanding rival-rivalnya kami rasakan lebih nyaman dan stabil.

Lalu adanya fitur Guide Me Light juga kami rasakan sangat membantu saat akan parkir mobil di kondisi minim cahaya, misalnya di garasi rumah. Sebab waktu mesin sudah dimatikan dan kita keluar dari mobil, lampu depan akan tetap nyala untuk menuntun kita hingga masuk ke dalam rumah.

Keren!

 ?? FOTO: F. YOSI ?? Berkendara asyik berkat adanya fitur Cruise Control
FOTO: F. YOSI Berkendara asyik berkat adanya fitur Cruise Control

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia