Otomotif

KAPALKAN XFORCE DARI INDONESIA

-

Mitsubishi Xforce, yang diproduksi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI), di Kabupaten Bekasi, Jabar resmi dikapalkan ke negara-negara ASEAN, Asia Selatan, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika.

Dimulainya ekspor compact SUV Mitsubishi Xforce, ditandai dengan berlabuhny­a kapal ke Vietnam yang menjadi pasar ekspor pertama Xforce di ASEAN. Kemudian secara bertahap, akan berlabuh ke negara-negara ASEAN lainnya, salah satunya Filipina.

Seremoni pengapalan perdana Xforce digelar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakut. Dihadiri sejumlah undangan, termasuk perwakilan pemerintah Indonesia, perwakilan pemerintah Jepang, dan pihak terkait dari Mitsubishi Motors.

“Kami sangat bangga dapat melakukan ekspor dari pusat produksi kami di Indonesia. Kedepannya, kami berharap dapat mengekspor ke berbagai wilayah, sehingga dapat memberikan kontribusi lebih lanjut bagi perekonomi­an Indonesia dan perkembang­an industri otomotif Indonesia,” ungkap Takao Kato, President & Chief Executive Officer Mitsubishi Motors.

Sebelumnya, pada Desember tahun lalu, Mitsubishi Motors juga telah memulai produksi L100 EV di MMKI (disebut Minicab MIEV di Jepang). Yakni mobil listrik commercial di kelas kei-car yang merupakan produksi pertama di salah satu afiliasi perusahaan di luar Jepang.

Sebagai catatan, pabrik MMKI telah memulai produksi sejak April 2017, dengan kapasitas produksi 220.000 unit mobil per tahun. Kemudian luasan pabrik MMKI tercatat sebesar 30 hektare, dengan jumlah karyawan per Desember 2023 sebanyak 3.600 orang.

Pabrik MMKI memproduks­i Pajero Sport, Xpander, Xpander Cross, Colt L300, Xforce dan Minicab MIEV (L100 EV in Indonesia).

 ?? ?? ISTIMEWA
ISTIMEWA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia