Otomotif

PART-PART INI YANG PERLU DIPERHATIK­AN

-

Punya kendaraan berbasis listrik atau BEV (Battery Electric Vehicle), ada beberapa keuntungan, salah satunya soal perawatan. Lantaran tidak menggunaka­n banyak spare part fast moving, otomatis tidak banyak yang perlu diganti.

Namun mobil listrik tetap butuh perawatan berkala untuk memastikan performany­a tetap optimal dan umur pakainya panjang. Tapi karena tidak banyak part yang diganti, apakah biaya perawatan akan lebih hemat bila dibandingk­an mobil berbahan bakar minyak?

“Untuk perawatan dan pemakaian mobil listrik tidak jauh berbeda dengan mobil konvension­al,” ujar Uria Simanjunta­k, Head of Public Relations PT Hyundai Motors indonesia (HMID).

Masih kata Uria, ”Bagi pemilik mobil listrik Hyundai sebaiknya lakukan perawatan berkala setiap 15.000 km di bengkel resmi Hyundai. Menggunaka­n Gds-mobile (Global Diagnostic System) yang memungkink­an pengecekan control module pada mobil listrik lebih akurat serta mampu mendeteksi potensi masalah.”

Oiya, pasti anda menyangka karena mobil lisrik tidak lagi menggunaka­n internal combustion engine (ICE), jadi tidak membutuhka­n pelumas. Eittss.. ternyata tetap ada olinya loh.

Buktinya program perawatan mobil listrik Hyundai, terdapat paketan 1 (satu) liter pelumas untuk motor penggerak. Jadi, motor listriknya ternyata masih butuh pelumasan loh. Tapi jenis olinya long life fluid, yang bisa digunakan hingga 200.000 km/10 tahun.

Selain itu ada penggantia­n cairan radiator untuk pendingin baterai atau EV coolant setiap 60.000 Km. Pengecekan sistem pengereman dilakukan setiap 15.000 kilometer.

Sementara penggantia­n minyak rem ( brake fluid) setiap kelipatan 30.000 kilometer. Termasuk penggantia­n Cabin Air Filter per 15.000 km untuk memastikan kondisi sirkulasi udara bersih di dalam ruang kabin kendaraan.

Beda lagi dengan kepemilika­n mobil Wuling. Wuling punya program Lifetime Core EV Component Warranty yang mencakup komponenko­mponen inti kendaraan listrik. Di antaranya power battery, drive motor (termasuk integrated motor assembly), dan motor controller unit.

“Contoh pada Binguoev memiliki biaya kepemilika­n yang terjangkau yaitu Rp 3,8 jutaan hingga 105.000 km. Selain itu, Wuling juga menyediaka­n garansi umum kendaraan sampai dengan 3 tahun atau 100.000 kilometer,” beber Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors.

Untuk pemelihara­an yang umum Anda bisa lakukan, mulai dari periksa tekanan ban secara teratur, pemelihara­an sistem pengereman, pemantauan dan penggantia­n cairan pendingin jika diperlukan.•

 ?? FOTO: F.YOSI ??
FOTO: F.YOSI
 ?? ?? Pastikan ruang motor listrik selalu bersih. Dan kabel-kebel tidak ada yang luka atau terbuka
Pastikan ruang motor listrik selalu bersih. Dan kabel-kebel tidak ada yang luka atau terbuka
 ?? ?? Penggantia­n cairan radiator dan EV coolant wajib diperhatik­an sesuai takaran. Begitu juga Aki
Penggantia­n cairan radiator dan EV coolant wajib diperhatik­an sesuai takaran. Begitu juga Aki
 ?? ?? Pemakaian mobil yang sesuai peruntukan­nya akan menambah umur baterai lebih lama
Pemakaian mobil yang sesuai peruntukan­nya akan menambah umur baterai lebih lama

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia