Otomotif

BISA MELAJU LEBIH JAUH

- •

Yamaha Lexi LX 155 memang hadir dengan desain dan mesin baru, tapi sayangnya kapasitas tangki bensin masih sama dengan varian terdahulu. Hal ini cukup disayangka­n, apalagi bagi para penggemar Lexi yang mengingink­an tangki bensin lebih besar.

Kapasitas tangki jadi pertimbang­an penting karena milik Lexi LX 155 hanya 4,2 liter, sama seperti tipe lawas, padahal harus melayani mesin yang lebih besar. Secara logika konsumsi bahan bakarnya akan lebih boros dari Lexi bermesin 125 cc, dan dengan tangki yang sama, jarak tempuh full tank jadi tidak sejauh tipe terdahulu.

Namun tenang, bagi pemilik Lexi LX 155 tak perlu khawatir, karena Amir Fauzi punya solusinya. Pria yang di media sosial lebih dikenal dengan nama Razan Yamaha India, menyediaka­n tangki bensin untuk Lexi LX 155 dengan kapasitas lebih besar.

OTOMOTIF langsung menyambang­i bengkel rumahan Razan yang berlokasi di Gg. Jayanti NO.65-H, Tanjung Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Ia menjelaska­n tangki buatannya berasal dari tangki bensin orisinal Lexi yang dicustom.

“Dipotong bagian tengah ke bawah, kemudian ditambah dengan pelat galvanis 0,9 mm yang sudah dibentuk sesuai dengan kontur tangki aslinya,” ujar Razan.

Selanjutny­a bagian bawah ini dilas dengan las acetylene, supaya aman tidak copot dan bocor. Agar terlihat rapi, tangki juga didempul dan dicat kembali dengan warna hitam. Soal garansi, Razan memberikan jaminan ganti tangki apabila ada kerusakan pada tangki yang diterima konsumen.

Dengan dimensi lebih besar, tangki bensin Lexi milik Razan memiliki penambahan kapasitas sekitar 1,7 liter dari standar. Menurut Razan kini meningkat jadi sekitar 5,9 sampai 6 liter. Pemasangan tangki bensin yang lebih besar di Lexi LX 155 pun dilakukan secara plug & play tanpa ubahan apapun.

“Pemasangan seperti pemasangan tangki biasa karena produknya pnp, jadi dia mengambil ruang di bawah tangki, di antara tangki dan sepatbor. Ukuran sudah disesuaika­n jadi tidak bakal mentok,” ujar pria ramah ini.

Razan yang sudah biasa membuat tangki custom berkapasit­as besar untuk Aerox 155 dan NMAX ini menyebut, di bawah tangki standar Lexi sebenarnya masih ada ruang. Ukurannya sekitar 2 cm di sisi belakang dan 4 cm di depan.

30 MENIT

Untuk memasang tangki ada beberapa bagian motor yang harus dibuka, yaitu behel, cover atas (di bawah behel), cover depan di bawah jok dan bodi samping. Setelah tangki standar terlihat, buka 4 buah baut pemegang tangki.

Ketika tangki bensin sudah dilepas, pindahkan fuel pump bawaan dari tangki standar ke tangki custom. Fuel pump ini sudah jadi satu dengan pelampung. Menurut Razan dudukan fuel pump semuanya sama, jadi tinggal dilepas-pasang.

Pun sama halnya dengan braket tangki baru di sasis Lexi LX 155. Langkah terakhir tinggal pasang kembali semua bodi dan cover sesuai urutan kebalikan dengan membuka.

Seluruh proses dapat dikerjakan dalam waktu sekitar 30 menit saja, jadi bisa ditunggu. Bagi pengguna Lexi LX 155 yang tertarik dapat menyambang­i langsung bengkel rumahan Razan dengan membawa mahar sebesar Rp 750 ribu. Atau bisa juga tukar tambah dengan tangki standar dengan biaya Rp 650 ribu. Biaya tadi sudah termasuk ongkos pasang.

Dengan kapasitas tangki lebih besar, semakin pede untuk mengajak Lexi LX 155 turing dengan jarak jauh. Untuk kebutuhan riding harian pun lebih nyaman karena tidak perlu seringseri­ng mengisi bensin full tank di SPBU.

 ?? FOTO: RANGGA ?? Amir Fauzi (Razan Yamaha India): 0818-1816-0439
FOTO: RANGGA Amir Fauzi (Razan Yamaha India): 0818-1816-0439
 ?? ?? Tangki custom tidak mentok karena di bawah tangki standar masih ada ruang kosong
Tangki custom tidak mentok karena di bawah tangki standar masih ada ruang kosong
 ?? ?? Bagian bawah tangki custom dibuat sesuai kontur tangki asli
Bagian bawah tangki custom dibuat sesuai kontur tangki asli
 ?? ?? Dudukan fuel pump sama persis dengan standar
Dudukan fuel pump sama persis dengan standar
 ?? ?? Tangki custom (kanan) lebih besar sekitar 1,7 liter
Tangki custom (kanan) lebih besar sekitar 1,7 liter

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia