Otomotif

GENDERANG PERANG AWAL TAHUN

-

Genderang perang yang ditabuh oleh PT Astra Honda Motor dengan menghadirk­an Honda Stylo 160 di awal tahun (2/2), tidak membuat PT Yamaha Indonesia Motor Manufactur­ing (YIMM) gentar. Memasuki bulan Februari, Yamaha merilis penyegaran pada tiga line up skutik mereka.

Hanya berselang 3 hari (5/2), Yamaha hadirkan Fazzio dengan warna baru yang lebih segar setelah 2 tahun dipasarkan.

Ada dua warna baru yang diberikan pada Fazzio tipe Neo, yaitu Neo Mint dan Neo Yellow. Keduanya berupa kelir pastel yang terlihat sangat manis di bodi membulat Fazzio. Namun, kehadiran warna Mint ini sekaligus menghilang­kan warna Cyan yang beberapa waktu jadi hero color motor Yamaha.

Selain kelir baru, dari segi fitur dan mesin tidak ada yang berubah. Masih ada fitur andalan Y-connect (kecuali tipe Neo Std), smartkey system, panel instrumen full digital, bagasi berkapasit­as 17,8 liter, electric power socket sampai tangki bensin 5,1 liter.

Fazzio Hybrid-connected juga tetap dipersenja­tai mesin 125 cc Blue Core berteknolo­gi hybrid berupa tambahan motor assist. Memiliki klaim tenaga maksimum sebesar 8,31 dk (6,2 kw) @ 6.500 rpm dengan torsi 10,6 Nm @ 4.500 rpm.

Fazzio dipasarkan dalam dua tipe, Lux dan Neo. Tipe Lux dijual dalam tiga pilihan warna yaitu, Prestige Silver, Matte Black dan White Pearl. Sedangkan tipe Neo selain warna Mint dan Yellow masih tersedia kelir Dull Blue, Orange serta Red.

Fazzio Hybrid-connected tipe Lux dijual seharga Rp 23,05 juta, sementara tipe Neo tanpa Connected di angka Rp 22,4 juta. Kemudian Neo yang Connected Rp 22,65 juta. Semua harga OTR Jakarta.

GRAND FILANO

Masih di hari yang sama (5/2), Grand Filano Hybrid-connected juga mendapat warna baru. Penyegaran ini tersedia di dua tipe Grand Filano, Lux dan Neo. Tipe Lux mendapat pilihan warna White Pearl dan Dark Silver. Disebut Yamaha meningkatk­an kesan mewah tipe ini.

Pada tipe Neo ada dua warna baru, Pink Mauve dan Yellow. Pink Mauve memiliki tampilan merah muda pekat dengan rona gelap dan finishing doff. Sementara kelir Yellow mirip dengan warna baru di Fazzio. Dipadukan dengan bodi gemuk bergaya retro Grand Filano, kedua warna pastel ini terlihat sungguh manis!

Bicara fitur, skutik yang diperkenal­kan ke publik pada awal 2023 ini tidak memiliki perubahan. Fitur-fitur unggulan seperti panel instrumen kombinasi layar LCD negative display dan panel TFT, lampu all LED, pengisian bahan bakar di depan, bagasi super lega berkapasit­as 27 liter sampai mesin dengan power assist seperti di Fazzio pun tetap dipertahan­kan.

Grand Filano Neo tanpa Connected dijual seharga Rp 26,75 juta, Neo yang Connected sedikit lebih mahal yaitu Rp 27 juta. Sedangkan Grand Filano HybridConn­ected tipe Lux dibanderol di angka Rp 27,5 juta. Harga OTR Jakarta.

XMAX

Penyegaran terakhir datang dari MAXI skutik Yamaha XMAX Connected (7/2). Tepatnya pada varian warna Premium Black yang mendapat sentuhan warna biru di beberapa bagian. Seperti di pelek yang menggantik­an kelir bronze, grafis minimalis di bodi samping serta logo XMAX baru berwarna biru.

Warna ini melengkapi pilihan kelir lain seperti Prestige Grey dan Luxury Red. Tak hanya XMAX Connected, ada pula varian Tech Max. XMAX Connected dipasarkan dengan harga Rp 66 juta, sementara varian Tech Max dijual seharga Rp 71,3 juta. Kedua harga OTR Jakarta.

Soal mesin tidak ada perubahan, tetap menggunaka­n unit Blue Core 250 cc bertenaga 22,5 dk @ 7.000 rpm dengan torsi 24,3 Nm @ 5.500 rpm. Lengkap dengan sederet fitur premium seperti all LED lighting, traction control system, rem ABS, immobilize­r, electric power socket sampai panel instrumen kombinasi layar LCD dengan MID yang dapat menampilan navigasi.

Kalau awal tahun saja sudah ramai begini, tidak sabar menunggu kejutan-kejutan lain sepanjang 2024!

 ?? FOTO: ISTIMEWA ?? XMAX Connected
FOTO: ISTIMEWA XMAX Connected
 ?? ?? Grand Filano
Fazzio
Grand Filano Fazzio

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia