Otomotif

ASAH SKILL BERKENDARA

-

Komunitas pengendara motor petualang, KTM Adventure Indonesia (KAI) menggelar kegiatan basic coaching clinic dual purpose riding technique pada Sabtu (27/1).

Bertajuk KTM Adventure Indonesia Academy 2024, gelaran perdana ini berlangsun­g di trek off-road Desa Pelangi Sentul (Depes), Bogor, Jabar.

Pelatihan dasar berkendara motor dua alam ini digelar secara terbatas, hanya untuk 50 riders saja. Peserta yang hadir berasal dari Jakarta, Bandung dan terjauh Bali.

Beragam motor KTM bergenre adventure yang digunakan peserta ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.

Mulai dari KTM 250 Adventure, KTM 390 Adventure, KTM 790 Adventure, KTM 990 Adventure, KTM 1190 Adventure hingga yang terbesar KTM Super Adventure 1290.

Selain itu, motor dua alam merek lain seperti Husqvarna Norden 901, Ducati Desertx, Yamaha Tenere dan Honda African Twin milik non-member KAI juga tak ingin ketinggala­n unjuk gigi.

Di bawah bimbingan coach Kadek Ramayadi, para peserta diberikan beberapa materi, baik teori maupun praktek langsung.

Mulai dari melatih keseimbang­an di atas motor, cara menikung, hard brake dan engine brake, riding position yang baik dan benar, serta mengatur fokus pandangan mata saat mengendara­i motor di jalur semi off-road.

“KAI Academy digelar dengan tujuan memberikan pelatihan dasar dengan teknik yang aman dan nyaman dalam mengendara­i big bike adventure di jalan off-road dan on-road. Serta memahami karakter atau fitur yang tersedia pada big bike adventure terutama pada merk motor KTM,” tutur Kadek yang merupakan pereli kawakan Indonesia.

Lebih lanjut, Pinay selaku Ketua Pelaksana KAI Academy 2024 mengatakan, ke depannya akan dibuat event serupa dengan tambahan materi yang pastinya sangat berbeda.

“Intinya KAI Academy hadir selain untuk bersilatur­ahmi antar riders, juga untuk melengkapi ilmu baik yang sudah dimiliki maupun baru mulai mencoba menunggang­i motor besar berjenis adventure yang hampir 60%-nya sangat nyaman digunakan di jalan/ rute off-road di Indonesia,” pungkas Pinay.

Sebagai informasi, KTM Adventure Indonesia (KAI) saat ini telah memiliki anggota sebanyak 170 orang yang tersebar di Jabodetabe­k, Jabar, Jatim, Bali dan Sumut. • RSP

 ?? FOTO: ISTIMEWA ??
FOTO: ISTIMEWA
 ?? ??
 ?? ??
 ?? ??
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia