Otomotif

DRAG BIKE & BALAP LAIN

-

Dikarenaka­n ada pemilu, Jakarta dipastikan dicoret dari kalender Formula E musim 2024.

Tak ingin membiarkan sirkuit menganggur, pihak pengelola Ancol bekerja sama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan X-ray memutuskan untuk menggelar event balap bertajuk Ancol Jakarta Supersport Championsh­ip (AJSC) 2024 Round 1 yang digelar selama dua hari (Sabtu-minggu, 3-4/2/2024).

Dalam event tersebut, melombakan empat cabang motorsport. Yaitu slalom, drifting, serta balap lurus mobil dan motor alias drag race dan drag bike. Khusus drag bike, ini merupakan pertama kalinya sirkuit JIEC menggelar balap motor.

Untuk kedua balap lurus, digelar dengan menggunaka­n jarak 201 meter untuk motor dan mobil. Tempatnya sendiri memanfaatk­an lintasan lurus sepanjang 600 meter milik JIEC.

“Lintasanny­a cocok untuk drag bike karena benarbenar lurus dan mulus. Karena jarak nge-gasnya hanya 201 m, para pembalap juga punya banyak waktu untuk pengereman, sehingga lebih aman,” ujar Anondo Eko, Ketua Umum IMI DKI Jakarta saat ditemui, Minggu (4/2/2024).

Dalam pelaksanaa­nnya, pihak penyelengg­ara tampak menggunaka­n christmas tree atau lampu start khusus sesuai regulasi IMI untuk drag race dan drag bike.

Tujuannya untuk membuat balapan menjadi lebih adil karena prosedur start dan penilaian jump start sepenuhnya dilakukan oleh sistem.

Tak berhenti sampai di sini. Rencananya, gelaran AJSC 2024 akan dilanjutka­n ke seri selanjutny­a.

“Jika tidak ada halangan, rencananya event ini akan berlanjut untuk seri kedua yang bakal digelar pada bulan April mendatang. Sementara seri ketiga rencananya di bulan Juni,” pungkas Eko.

 ?? RASPATI ??
RASPATI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia