Otomotif

SETRUMAN KENDARAAN LISTRIK KIAN MENYENGAT

- R. PANJI MAULANA Editor in Chief panjioto@gmail.com

Apakah eranya mobil listrik sudah hadir ke Indonesia? Seperti diketahui, setahun dua tahun ke belakang, brand-brand kendaraan berbasis baterai atau full listrik masih itu-itu saja.

Sebut saja Wuling, Hyundai, Nissan, DFSK lalu ada Toyota, Mercedes-benz, BMW, MINI. Dilanjut merek-merek lain yang turut meramaikan pasar. Seperti MG dan Neta hadir melalui electric

vehicle (Ev)-nya pada tahun lalu.

Nah, di tahun 2024 ini bertambah meriah. Pasalnya meluncur brand asal Cina terbaru yakni BYD dan brand asal Vietnam yakni Vinfast.

Belum lagi produk lansiran GWM (Great Wall Motor) yang juga bersiap-siap menerjunka­n produkprod­uknya BEV (Battery Electric Vehicle) di tahun ini juga. Tambah nyetrum!

Membaca namanya memang banyak yang belum mengenal merek tersebut. Maklum di sini lebih paham dengan brand-brand Jepang karena sudah puluhan tahun menancapka­n kakiknya di Bumi Pertiwi ini.

Tapi kalau Anda searching BYD, Great Wall maupun Vinfast, tak salah kalau mereka adalah pemain mobil listrik terkenal dan sudah dipasarkan ke luar Cina.

Apalagi kalau menyebut BYD yang digadang-gadang berhasil mengalahka­n penjualan mobil listrik Tesla di seluruh dunia. Lalu sukses lebih dulu di Cina, Thailand dan negeri tetangga lainnya.

Nah, apakah hadirnya mobil listrik ke Tanah Air menjadi keuntungan bagi konsumen otomotif nasional? Jelas iya, karena semakin banyak pilihan buat Anda yang pengin membeli mobil listrik. Pilihannya bisa Anda baca pada Tematis Mobil & Motor Baru di IIMS 2024 edisi ini.

Pun begitu dengan kendaraan roda dua listrik. Coba Anda mampir ke pameran IIMS 2024 yang berlangsun­g di JIEXPO, Kemayoran, Jakpus (15-25/2), setidaknya ada belasan merek yang tersedia di Indonesia saat. Harganya? Pasti menarik karena dapat subsidi kan.

Lantas, apakah Anda sudah berminat membeli mobil atau motor listrik saat ini? •

 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia