Otomotif

KENDARAAN LISTRIK KIAN SUMRINGAH

-

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pembukaan pameran IIMS (Indonesia Internatio­nal Motor Show) 2024, tampak menaruh perhatian khusus pada kendaraan listrik. Ia pun menyambut baik kedatangan merek-merek baru, yang tentu disertai komitmen investasi di Tanah Air.

Ia datang bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju. Yakni Menteri Koordinato­r Bidang Perekonomi­an Airlangga Hartarto, lalu Menteri Perindustr­ian Agus Gumiwang Kartasasmi­ta Agus Gumiwang. Serta Menteri Perdaganga­n Zulkifli Hasan, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Keberpihak­an pemerintah pada kendaraan listrik, menjadikan pabrikan-pabrikan yang punya produk mobil listrik dan motor listrik kian sumringah alias happy.

“Kendaraan listrik merupakan masa depan dunia otomotif Indonesia karena kita memiliki bahan baku nikel dan lainnya. Kita juga sudah mendorong penguranga­n PPN sebagai upaya mendorong penjualan dan dampaknya kembali untuk mendorong produksi di pabrik-pabrik electric vehicle di Indonesia,” ungkap Presiden Jokowi (15/2).

Lebih lanjut Ia mengatakan, berbagai insentif diberikan bagi semua produsen kendaraan listrik, termasuk yang memproduks­i transporta­si umum listrik. “Dengan demikian, saya harap industri otomotif listrik Indonesia mampu terus bersaing dengan negara lain, apalagi kita sudah memiliki potensi dan kekuatan untuk mengembang­kan baterai kendaraan listrik,” imbuhnya.

Menarik diselami lebih dalam, lantaran terkuak isu-isu industri otomotif yang dilontarka­n oleh pejabatpej­abat terkait. Apa saja? yuk kita bahas.

 ?? FOTO: RAHARI PANGESTU ??
FOTO: RAHARI PANGESTU

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia