Otomotif

L100 EV RESMI DIJUAL

-

Setelah beberapa kali diperkenal­kan dalam event pameran otomotif di Indonesia, akhirnya PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) secara resmi mengumumka­n menjual model Mitsubishi L100 EV untuk pasar Tanah Air.

Hal itu disampaika­n di hari pertama ajang Indonesia Internatio­nal motor Show (IIMS) 2024 yang berlansung di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (15/2) lalu, dimana kali ini MMKSI mengangkat tema “Your Infinite Autotainme­nt Experience”.

Mitsubishi L100 EV merupakan model kei-car kendaraan niaga ringan berbasis baterai (BEV), dilengkapi komponen listrik termasuk motor dan baterai penggerak.

“Kami yakin bahwa Mitsubishi L100 EV sangat kompetitif secara produk, baik dari segi spesifikas­i dan range harga yang ditawarkan. Sehingga model ini dapat diserap dengan baik oleh pasar di Indonesia yang membutuhka­n kendaraan operasiona­l untuk mendukung bisnisnya, terutama konsumen fleet,” ungkap Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT MMKSI.

Masih kata Kurita San, dari hasil proof of concept (POC) yang telah dilakukan bersama para partner Mitsubishi, disimpulka­n bahwa L100 EV menawarkan keunggulan baik dari sisi produk maupun operasiona­l.

“PT Pos Indonesia sebagai salah satu partner pelaksana dalam aktivitas POC telah mengutarak­an intensi lebih lanjut untuk menggunaka­n L100 EV pada kegiatan operasiona­l logistik di hub Ibu Kota Nusantara (IKN),” tambahnya.

Sekadar info, Mitsubishi L100 EV telah mulai diproduksi pada Desember 2023 lalu, di fasilitas perakitan Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Ini sekaligus menandakan produksi model ini pertama kalinya di luar Jepang.

Langkah ini merupakan hasil dari feedback positif atas program Mitsubishi Motors dan MMKSI yang telah melakukan aktivitas POC di Indonesia bersama dengan beberapa partner dari perusahaan logistik dan jasa sejak tahun 2020.

Dari aktivitas tersebut, ternyata Mitsubishi L100 EV dianggap mampu mengakomod­ir kebutuhan untuk mendukung aktivitas operasiona­l sehari-hari.

Ukurannya yang ringkas dan kemudahan pengendara­an, menjadi salah satu poin positif dari mobil niaga bertenaga listrik ini, termasuk turning radius yang kecil, yakni hnaya

4,3 meter.

Apalagi ia juga sudah disematkan electric power steering yang membuat mudah dan nyaman dikendarai. Lalu transmisin­ya juga sudah otomatis, performany­a di berbagai kondisi jalan, suspensi nyaman dan kabinnya sudah dilengkapi air conditione­r

(AC) untuk mendukung kenyamanan.

Sedangkan dari sisi operasiona­l, Mitsubishi L100 EV memiliki biaya operasiona­l yang efisien, dan juga license plate yang mendukung mobilitas dengan terbebas dari kawasan ganjil-genap (di wilayah Jakarta).

Menurut Budi Dermawan Daulay, General Head of Regional Sales PT MMKSI, biaya kepemilika­n L100 EV juga 70% lebih hemat dibanding mobil sejenis model ICE (internal combustion engine).

“Kalau biaya 150 ribu per hari untuk ICE, ditotal jadi 4 juta, maka di mobil ini (L100 EV) costnya di bawah 1 juta. Bisa tekan harga 70 persen,” paparnya.

Sipnya lagi, pajak tahunannya sangat murah, “Tapi ini untuk subsidi dari pemerintah, pajak tahunan sangat kecil untuk L100,” imbuh Budi Darmawan.

Tak hanya itu, lanjutnya, hemat servis sudah pasti karena kendaraan niaga electric ini walau secara penggunaan­nya cukup heavy, namun maintenanc­e-nya lebih ekonomis.

“Kita ada garansi baterai 8 tahun, sampai dengan 160.000 kilometer. Ini memberikan kenyamanan buat konsumen, dan per kemarin harga untuk L100 EV hanya Rp 320 juta (OTR DKI Jakarta),”sebutnya lagi.

Oiya, harga ini spesial price yang diberikan manajemen MMKSI sampai April 2024. Setelah itu mungkin harganya akan berbeda.

Dan kabar gembiranya lagi, L100 EV menurut pihak Mitsubishi Indonesia ternyata tak hanya dijual dalam skema fleet atau untuk perusahaan saja loh, melainkan bisa juga dibeli oleh konsumen ritel.

“Benar, kita bisa jual untuk retail konsumen. Tapi targetnya memang fleet dan distribusi,” ujar Hikaru Mii, Director of Production PT MMKSI, saat sesi preskon yang dilangsung­kan di booth Mitsubishi di IIMS 2024 Jumat (16/2) lalu.

Oiya, di IIMS 2024 ini Mitsubishi juga kembali menghadirk­an Mitsubishi Xforce sebagai bintang yang mendominas­i area booth pameran, guna memberikan gambaran lebih jelas mengenai fitur-fitur unggulanny­a. Ada juga New Xpander dan New Xpander Cross, Pajero Sport, hingga Triton.

 ?? FOTO: DIC ??
FOTO: DIC
 ?? ?? Mitsubishi juga berencana menambah SPKLU jenis fast charging untuk kebutuhan pengisian daya ulang kendaraan listriknya
Mitsubishi juga berencana menambah SPKLU jenis fast charging untuk kebutuhan pengisian daya ulang kendaraan listriknya
 ?? ?? Interior Mitsubishi L100 EV
Interior Mitsubishi L100 EV
 ?? ?? Tersedia jok baris kedua juga loh
Tersedia jok baris kedua juga loh

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia