Otomotif

JIMNY 5 PINTU RESMI MENGASPAL

-

Setelah penampakan­nya viral di dunia maya, akhirnya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurka­n varian Suzuki Jimny 5 pintu di hari pertama IIMS 2024 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat (15/2).

Yap, varian ini merupakan versi long wheel base (LWB) dari Jimny 3 pintu yang sudah lebih dulu dipasarkan di Tanah Air. Ia merupakan produk CBU (Completely Built Up) yang diimpor dari Suzuki Maruti India.

Ia memiliki panjang 3.965 mm, atau lebih panjang 340 mm dari versi 3 pintu, lalu lebar 1.645 mm, serta tinggi 1.720 mm. Wheelbasen­ya juga lebih panjang 340 mm, yakni 2.590 mm, dengan ground clearance 210 mm.

Nah, dengan dimensi yang lebih melar 34 cm, Jimny 5 Pintu ini diklaim punya ruang kabin yang lebih lega. Tapi jangan membayangk­an isi kabinnya jadi ada 3 baris jok ya, hehehe.. Karena meski ia lebih panjang dan memiliki jumlah pintu lebih banyak, jumah kursinya tetap hanya 2 baris. Hanya saja kini ruang kabin di jok baris belakang jadi lebih lega.

8 POIN UNGGULAN

Oke, kita langsung bedah apa saja yang ditawarkan pada Jimny 5 pintu ini. Menurut pihak Suzuki ada 8 selling point yang dihighligh­t pada varian terbaru dari SUV 4x4 legendaris mereka ini.

Pertama, karena dimensinya lebih panjang 340 mm dari varian 3 pintu, seperti yang tadi sudah disebutkan, yakni membuat ruang kabinnya lebih luas, terutama bagian belakang.

“Posisi duduk di jok baris belakang jadi lebih nyaman, karena joknya sediki lebih mundur dibanding versi 3 pintunya,” beber Joshi Prasetya, Strategic Planning Dept. Head PT SIS.

Dan memang saat OTOMOTIF yang punya tinggi badan 179 cm duduk di jok belakang, posisi lutut tidak sampai mepet banget ke jok depan kayak di vesi 3 pintunya.

Kedua, dengan wheelbase yang lebih panjang, membuat bantingan suspensi jadi terasa lebih nyaman. Hal itu coba buktikan dengan menjalanka­n mobil ini di permukaan tanah yang tidak rata, dan memang dari segi guncangan lebih nyaman dibanding versi 3 pintunya.

Ketiga, selain posisi duduk yang lebih nyaman, ruang bagasi di belakang juga dibikin lebih luas, yakni kini volumenya jadi 211 liter.

Lalu poin keempat yang membedakan dengan versi 3 pintunya, yaitu pada bagian grill depan kini dikasih aksen chrome, yang membuat tampilan depan jadi terlihat lebih elegan.

Kelima, di Jimny versi 5 pintu ini kini sudah disematkan kamera belakang (rear view camera), dimana pada versi 3 pintunya tidak ada. Selanjutny­a, ada juga tambahan 4 titik sersor parkir di bumper belakang. Lalu sistem penggerak 4x4-nya menggunaka­n Suzuki All Grip Pro.

Terakhir, head unit di dasbornya lebih besar dibanding varian 3 pintu, yakni mengusung layar 9 inci dan memiliki fitur konektivit­as ke smartphone.

Kalau urusan dapur pacu, masih tetap menggunaan mesin yang sama dengan varian 3 pintunya, yakni mesin 4 silinder segaris berkapasit­as 1.462 cc, DOHC 16 katup, dengan kode K15B. Mesin ini di atas kertas punya daya maksimum 102 PS (100,6 hp) di 6.000 rpm, dan torsi puncak 130 Nm di 4.000 rpm.

Ia ditawarkan dalam 2 pilihan transmisi, yaitu manual (MT) 5-speed dan otomatis (AT) 4-speed. Masingmasi­ng terdapat pilihan warna single tone dan dual tone.

Oiya, lantaran dimensinya lebih panjang, Suzuki juga menyesuaik­an sudut approach angle pada Jimny 5 pintu ini, yakni jadi 36 derajat. Sementara departure angle-nya dibikin jadi 47 derajat, serta ramp breakover angle jadi 24 derajat.

Tak hanya itu, dengan dimensi yang melar, otomatis secara bobot pun bertambah. Nah, agar tarikan mesin gak kedodoran, rasio gigi dibikin sedikit lebih enteng, namun perbanding­annya tidak terlalu signifikan dibanding versi 3 pintunya.

Kemudian agar sasisnya lebih rigid, di bagian tengah ladder framenya ditambah cross member. Satu hal lagi, karena kini ia lebih melar, membuat radius putarnya sedikit lebih jauh, yakni jadi 5,7 meter. Versi 3 pintunya yang cuma 4,85 meter.

Nah, dengan semua keunggulan tadi, dari segi harga ternyata tidak terpaut banyak loh dari Jimny 3 pintu. Ada 4 tipe yang ditawarkan, yakni varian MT single tone yang dilabel seharga Rp 462 juta on the road Jakarta.

Lalu MT dual tone seharga

Rp 465 juta, AT single tone yang dibanderol Rp 475,6 juta dan AT dual tone seharga Rp 478,6 juta.

Untuk pilihan warnanya yang dual tone ada Metallic Sizzling Red + Pearl Bluish Black, Kinetik Yellow + Pearl Bluish Black dan Metallic Chiffon Ivory + Pearl Bluish Black. Sedangkan versi single tone ada Granit Gray Metallic, Pearl Bluish Black, dan Jungle Green.

Gimana, angkut?

 ?? PATAR ?? KUOTANYA LEBIH BANYAK DARI VERSI 3 PINTU
PATAR KUOTANYA LEBIH BANYAK DARI VERSI 3 PINTU
 ?? ?? FOTO : HARI PANGESTU
Volume bagasi jadi lebih luas untuk mengangkut barang bawaan
FOTO : HARI PANGESTU Volume bagasi jadi lebih luas untuk mengangkut barang bawaan
 ?? ?? Head unit punya lebar layar 9 inci, lebih gede dari Jimny 3 pintu
Head unit punya lebar layar 9 inci, lebih gede dari Jimny 3 pintu
 ?? ?? Ruang kabin di jok baris kedua lebih lega dibanding versi 4 pintunya
Ruang kabin di jok baris kedua lebih lega dibanding versi 4 pintunya

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia