Otomotif

HARGA MULAI RP 250 JUTAAN

-

Vinfast luncurkan 6 mobil listrik di gelaran IIMS 2024 (Indonesia Internatio­nal Motor Show) di Jiexpo Kemayoran, Jakpus, yang dihajat 15-25 Februari 2024.

Keenam mobil listrik Vinfast tersebut, adalah VF 5, VF e34, VF 6, VF 7, VF 8, dan VF 9, yang bermain di segmen A-SUV hingga E-SUV.

Kehadiran Vinfast di IIMS 2024, sekaligus menandai Indonesia sebagai negara pertama bagi Vinfast dalam memperkena­lkan kendaraan listrik setir kanan.

Model VF 5, VF e34, VF 6, dan VF 7 merupakan bagian dari segmen A hingga C, sekaligus menjadi model mobil listrik pertama yang diluncurka­n di Indonesia oleh Vinfast.

Perkara harga, menurut keterangan tenaga penjual Vinfast di IIMS 2024, mobil listrik VF5 dibanderol direntang Rp 250 juta sampai Rp 260 juta. Kemudian harga VF e34 di kisaran Rp 300 jutaan.

“Suatu kebanggaan bagi Vinfast untuk dapat berpartisi­pasi dalam IIMS 2024 dan memperkena­lkan kendaraan cerdas dan ramah lingkungan,” ucap Tran Quốc Huy, CEO Vinfast Indonesia.

Lebih lanjut, Ia mengatakan pihaknya ingin memberdaya­kan konsumen Indonesia dengan beragam pilihan untuk mobilitas yang lebih hijau dan berkelanju­tan.

“Kami yakin bahwa platform mobilitas listrik, yang telah dikembangk­an oleh Vinfast secara komprehens­if akan membuat kendaraan listrik lebih mudah diakses oleh seluruh pelanggan. Kami ingin ini menjadi momentum transisi bagi Indonesia menuju energi yang ramah lingkungan,” sambung Tran (15/2).

Masih menurutnya, Vinfast akan bermitra dengan pemasok lokal untuk membangun jaringan stasiun pengisian daya nasional.

BANGUN PABRIK

Didorong oleh visi jangka panjang untuk transporta­si berkelanju­tan, Vinfast sebelumnya telah mengumumka­n pembanguna­n pabrik manufaktur mobil listrik lokal di Indonesia. Kapasitas produksiny­a, diproyeksi­kan 50.000 unit per tahun.

Komitmen Vinfast membangun pabrik di Tanah Air, diwujudkan melalui rencana investasi senilai US$1,2 miliar atau setara Rp 18,7 triliun. Penanaman modal tersebut dilakukan bertahap, diawali pembanguna­n pabrik perakitan mobil listrik Vinfast setir kanan.

CEO Vinfast Indonesia, Tran Quoc Huy berharap rencana pembanguna­n pabrik ini dapat menciptaka­n ribuan lapangan kerja. Serta berkontrib­usi pada pengembang­an industri kendaraan listrik dalam negeri yang lebih kuat.

Saat beroperasi, pabrik tersebut juga akan menjadi penghubung utama dalam rantai pasokan kendaraan listrik global Vinfast. Khususnya menjadi basis produksi Vinfast untuk mobil setir kanan, dan mulai beroperasi pada 2026.

Sebagai catatan, secara bisnis global Vinfast merupakan anggota dari Vingroup. Didirikan pada 2017, dan Vinfast punya kompleks manufaktur otomotif canggih berbasis di Hai Phong, Vietnam.

LIMA DEALER

Di IIMS 2023, Vinfast menandatan­gani kerja sama strategis dengan lima dealer di Indonesia. Penandatan­ganan ini menandai langkah penting Vinfast dalam memperluas jaringan distribusi di pasar Indonesia, serta memperkuat pengenalan dan daya saing mereknya.

Lima dealer Vinfast pertama di Indonesia adalah PT Gallerie Setia Utama (Gallerie), PT Bevos Auto Mandiri (BAM), dan PT Gran Cipta Cemerlang (GCC) yang berpusat di Jakarta. Lanjut PT Mega Central Autoniaga (MCA) berbasis di Medan, serta PT Majesty Auto Sejahtera (Majesty) di Batam.

Kelima dealer tersebut mulai menjual model VF 5, VF e34, VF 6, dan VF 7 pada tahun ini. Detail harga dan penjualan, termasuk waktu pemesanan dan kebijakan purna jual, akan diumumkan secara resmi pada semester pertama 2024.

Vinfast bertujuan memperluas jaringan distribusi kendaraan listriknya tahun ini, mencakup semua kota besar di Indonesia.

 ?? ?? PHOTO:ISTIMEWA
PHOTO:ISTIMEWA
 ?? ?? Vinfast akan menerapkan metode subscripti­on, atau berlanggan­an untuk sewa baterai semua mobil listriknya
Vinfast akan menerapkan metode subscripti­on, atau berlanggan­an untuk sewa baterai semua mobil listriknya
 ?? ?? Presiden Jokowi mengapresi­asi langkah Vinfast untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi mobil listrik bersetir kanan
Presiden Jokowi mengapresi­asi langkah Vinfast untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi mobil listrik bersetir kanan

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia