Otomotif

ONE STOP SERVICE

- •

OTOMOTIF Group (OTOMOTIF, Gridoto dan Motorplus), Grid Network turut berpartisi­pasi dalam Indonesia Internatio­nal Motor Show (IIMS) 2024. Berlokasi di area outdoor, menghadirk­an booth Pop Up Tumplek Blek.

Di dalamnya terdapat berbagai tenant-tenant dan kegiatan menarik yang sayang untuk dilewatkan. Seperti showcase, Pop Up BBQ Dish Experience, bursa-bursa hingga kontes modifikasi motor.

Dimulai dari Overland Xperience yang disupport oleh Indonesia Motorhome Club. Mereka menghadirk­an beberapa mobil bergaya motorhome berukuran besar.

Adapun mobil-mobil yang dipajang di area ini merupakan milik anggota Indonesia Motorhome Club, yang sudah pernah dibawa pergi berkelilin­g untuk perjalanan jarak jauh.

“Tujuan utama sebenarnya adalah untuk menginspir­asi dulu. Menginspir­asi orang, bahwa ada awareness, ada loh, mobil bisa dijadikan rumah. Terus menimbulka­n rasa tertarik juga,” ucap Umbu Tedy, Ketua Indonesia Motorhome Club.

Ia berharap, ke depannya akan semakin banyak orang yang tertarik untuk modifikasi mobil menjadi motorhome. Menurut Umbu, ada banyak keindahan alam yang bisa dieksplor di Indonesia, dan berkendara dengan motorhome bisa jadi satu cara yntuk menikmati aneka ragam keindahann­ya.

Lagi cari barang aftermarke­t berstatus New Old Stock? Pas banget nih. Soalnya di area ini ada juga diskon besar-besaran loh!

Pilihannya ada banyak. Mulai dari head unit, DVR, power amplifier, speaker dan masih banyak lagi dari merek-merek ternama seperti JBL, Nakamichi, Mobiletech, Sansui dan lainnya.

“Pokoknya kami promo sampai barang habis. Diskon clearance ini besarannya sampai 75 persen, kalau nilainya bisa sampai Rp 1 jutaan lah,” ucap Elis Chin, Public Relations Kramat Motor, salah satu peserta lapak.

Contohnya, salah satu produk yang banyak dicari selama IIMS 2024 adalah dashcam sekaligus DVR AI yang didiskon Rp 1 juta dari Rp 3,5 juta menjadi Rp 2,5 juta.

Oh iya, setiap pembelian dashcam di IIMS 2024 juga sudah termasuk SD card berkapasit­as 8 GB.

Menariknya, harga seluruh produk yang dijual Kramat Motor selama IIMS 2024 juga sudah termasuk biaya pemasangan. Bahkan untuk beberapa produk, pemasangan­nya bisa langsung dilakukan di Jiexpo Kemayoran yang jadi lokasi IIMS 2024.

Buat pemilik Mitsubishi Xpander, ada pilihan head unit Android dengan harga mulai dari Rp 750 ribu.

“Kita ada Nakamichi dan Sansui, tinggal pilih menyesuaik­an budget,” ujar Chris, Sales dari PT Sumber Berkat selaku distributo­r head unit merek Nakamichi dan Sansui.

Menariknya, head unit Android ini dibanderol murah, yaitu diskon hingga 75%! “Tapi head unit saja, belum termasuk frame,” ujar Chris.

Head unit Android yang bisa jadi pilihan adalah Nakamichi Elite Pro X yang dibanderol dengan harga Rp 3,5 juta.

“Nakamichi Elite Pro X ini cocok untuk penikmat kualitas suara terbaik, suaranya lebih berkarakte­r,” terang Chris. Selain itu sudah dilengkapi dengan fitur Real DSP, USB DVR, layar 10 inci serta RAM 6 GB dengan memori 128 GB.

“Kalau mau yang fitur lebih lengkap, bisa lirik Nakamichi Legend MKIII,” tambah pria berkacamat­a ini.

Head unit Nakamichi Legend MKIII dilengkapi fitur layar 10 inci, DSP, USB DVR, “Dan ready camera 360 derajat, tinggal beli kameranya,” sambung Chris. Harganya Rp 4.000.000 saja.

Jika ingin yang langsung direct replacemen­t, bisa lirik Nakamichi NA3102I. “Ini langsung pas di Mitsubishi Xpander, karena sudah berikut frame,” lanjutnya.

Harganya pun murah yaitu RP 750 ribu, dan bisa langsung terpasang berikut fitur canggih seperti DSP 24-Bit, Lossless Audio Music, USB Phone Mirorring, dan banyak lagi.

Ada juga kontes modifikasi motor yang melombakan berbagai kelas. Mulai dari 2-tak, matik hingga sport. Cocok buat yang lagi cari inspirasi modif.

Bukan hanya Alphatauri yang berubah ‘kemasan’ menjadi Visa Cash App RB F1 Team, tetapi juga Alfa Romeo F1 Team yang berubah wujud menjadi Stake F1 Team Kick Sauber.

Tim Sauber yang beberapa tahun terakhir mengusung nama Alfa Romeo, kini tak lagi memperpanj­ang kontrak dengan brand mobil asal Italia itu.

Hingga akhirnya Manajemen Sauber mengusung kembali namanya aslinya dengan mengganden­g perusahaan casino asal Australia, Stake.

Namun Stake tidak sendirian sebagai sponsor utama Sauber, tapi mengganden­g pula perusahaan live streaming, Kick. Tak pelak nama tim menjadi panjang dan didominasi warna hijau.

Stake dan Kick sama-sama berciri warna hijau, dengan hitam yang juga mendominas­i dari warna outer stroke dari Stake. Tak pelak ciri-ciri Sauber yang tahun lalu full merah, kini didominasi warna hijau dan hitam kala dipresenta­sikan (5/2) lalu.

Warna ini langsung mendapatka­n antusiasme dari banyak penggemar F1 karena tim ini terasa lebih segar, bukan lagi dengan Alfa Romeo yang terkesan medioker.

Perwakilan tim, Alessandro Alunni Bravi mengisyara­tkan bahwa ini hanyalah awal dari program aktivasi yang ambisius di bawah identitas baru tim Swiss.

“Musim lalu merupakan awal dari perjalanan Stake di F1. Dan peran baru sebagai pimpinan Stake F1 Team merupakan langkah logis dan menarik berikutnya di jalur ini. Stake tidak hanya berhasil memanfaatk­an basis penggemar Formula 1 yang terus berkembang untuk meningkatk­an komunitasn­ya sendiri, tetapi juga membawa penonton yang sama sekali baru ke seri ini, sehingga tidak hanya menguntung­kan tim kami, tetapi juga semua orang di F1”kata pria Italia itu.

KESEMPATAN TERBUKA

Meski berganti identitas, Stake F1 Team Kick Sauber masih menggunaka­n basis mesin dari Ferrari. Juga paket aerodinami­ka yang sama dari Scuderia Ferrari F1 Team tahun lalu.

Hasilnya memang terbukti kompetitif kala Ferrari jadi satusatuny­a lawan yang bisa mengacakac­ak dominasi Red Bull Racing.

Semangat ini terpancar dari tatap Valtteri Bottas yang akhirnya merindukan sasis dan mesin yang jauh bertenaga. Layaknya kala ia masih membela Mercedes.

“Kesempatan untuk menjadi kompetitif kini jauh lebih terbuka, sehingga saya ada peluang untuk bisa mendapatka­n posisi dan hasil baik,” tutur Bottas.

“Semua pihak yang mendukung Stake F1 Team Kick Sauber ini datang dan bertemu, mereka tidak memberikan beban besar. Saya hanya dimotivasi untuk bisa bersenang-senang di lintasan, tetapi itu bukan intinya karena saya yakin masih bisa menang,” lanjut pembalap Finlandia itu.

Secara sponsorshi­p, Stake masih mendominas­i di semua bagian bodi balap mobil berkode C44 itu. Meskipun sampai ronde pertama yang digelar di Sakhir, Bahrain (2/3) mendatang Stake F1 Team Kick Sauber masih membuka bagi banyak co-sponsor.

 ?? FOTO: RASPATI ??
FOTO: RASPATI
 ?? ?? Cari inspirasi motorhome? Bisa intip mobil-mobil milik anggota Indonesia Motorhome Club ini
Cari inspirasi motorhome? Bisa intip mobil-mobil milik anggota Indonesia Motorhome Club ini
 ?? ?? Diskon produk audio sampai dengan 75%
Diskon produk audio sampai dengan 75%
 ?? ??
 ?? FOTO: MEDIAHUB SAUBER GROUP ??
FOTO: MEDIAHUB SAUBER GROUP
 ?? ?? Warna hitam pada bodi murni dari warna karbon yang tidak dicat, untuk memperinga­n bobot
caption detail
Warna hitam pada bodi murni dari warna karbon yang tidak dicat, untuk memperinga­n bobot caption detail
 ?? ?? Valtteri Bottas tidak diberikan beban untuk menang, tetapi itu bukan jalan hidupnya
Tahun ketiga di F1, Guanyu Zhou ingin lebih sering mencetak point
Valtteri Bottas tidak diberikan beban untuk menang, tetapi itu bukan jalan hidupnya Tahun ketiga di F1, Guanyu Zhou ingin lebih sering mencetak point

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia