Otomotif

OLI UNTUK YAMAHA R15M

- konsultasi.r2@gmail.com ASUHAN:AANT

Malam Om Aant nanya boleh ya. Recommende­d oli untuk Yamaha R15M yang bagus apa ya? Saya kemarin ganti di awal pembelian masih dapat oli gratis, dapat oli Yamalube Sport. Ini odometerny­a masih berjalan di 807 km. Rencana mau ganti tiap 1.000 km.

Apa bagus pakai Yamalube Sport? Atau ada rekomendas­i yang lainnya om?

Btw motor R15M saya dipakai harian tapi dalam kota aja sekitar 8 km PP tiap hari kayak ke pasar, beli ini itu aja. Baiknya ganti oli per 1.000 km aja ya?

Wisp – Via DM

Halo selamat malam juga. Untuk oli yang bagus untuk Yamaha R15M sebenarnya mudah. Tinggal ikuti saja rekomendas­i dari pabrik. Coba buka buku pedoman pemilik, cari bagian pelumas. Nah pasti ada rekomendas­i standar yang disarankan, seperti tingkat kekentalan sampai grade minimalnya.

Tinggal disesuaika­n deh, misal kekentalan harus 10W-40, tentunya oli yang dipakai ikuti angka tersebut. Jangan lebih encer atau lebih kental, karena akan membuat pelumasan dan kinerja mesin tak maksimal. Demikian juga dengan grade, misal minimal API SN, jangan gunakan yang di bawah itu.

Satu lagi yang perlu diperhatik­an tentu standar JASO yang dipakai, karena motor sport yang pakai kopling basah, jangan sampai pakai yang JASO MB, wajib JASO MA.

Apakah Yamalube Sport bagus dan cocok untuk R15M? Nah tinggal dicek rekomendas­i di buku pedoman pemilik dan standar yang tertulis di botol olinya. Sesuai atau tidak.

Untuk periode penggantia­n oli, 1.000 km tentu tak masalah meski tergolong terlalu dini. Idealnya sih 2.500-3.000 km pun masih aman. Namun kalau memang sangat sayang pada motor, penggantia­n dilakukan lebih cepat tentu tak dilarang.

 ?? DOK.OTOMOTIF ??
DOK.OTOMOTIF
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia