Otomotif

PABRIK BARU LEBIH LUAS

-

Pabrik baru Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), dan Daimler Commercial Vehicles Manufactur­ing Indonesia (DCVMI) resmi dibangun di kawasan Cikarang, Bekasi Jabar (19/2). Pabrik baru ini akan menggantik­an pabrik DCVMI yang ada saat ini di Wanaherang, Gunung Putri, Bogor, Jabar.

Setelah rampung dibangun, bus dan truk Mercedes-benz akan dirakit di pabrik baru Daimler seluas 14,6 hektare ini. Lebih luas dibandingk­an fasilitas sekarang yang hanya seluas 5,6 hektare. Pabrik baru Daimler dilengkapi fasilitas yang sangat lengkap. Bahkan termasuk lintasan uji coba.

Artinya selain fasilitas perakitan, dibekali sarana pengujian berupa lintasan uji, kantor manajemen, pusat persiapan kendaraan, dan berbagai fasilitas karyawan yang dibutuhkan. Pabrik ini bakal rampung dan mulai beroperasi penuh pada kuartal pertama 2025.

Head of Internatio­nal Sales and Customer Services-daimler Truck Asia, Andreas Deuschle mengatakan, Indonesia tercatat sebagai salah satu pasar utama Daimler di Asia Tenggara. “Dan kami melihat adanya potensi yang sangat besar dan pertumbuha­n yang menjanjika­n untuk bisnis kendaraan niaga di Indonesia,” bilang Andreas.

Adapun investasi yang digelontor­kan untuk pembanguna­n pabrik baru Daimler senilai Rp 500 Miliar. Angka investasi tersebut sudah disetujui Dewan Direksi Daimler Truck AG.

“Kami percaya bahwa ini adalah kesempatan yang baik bagi Daimler Truck AG untuk meningkatk­an keberadaan­nya dengan menghadirk­an produk, dan layanan yang tepat untuk membuat Indonesia terus maju,” imbuh Andreas.

Naeem Hassim, Presiden Direktur DCVI mengatakan, Mercedes-benz Truck Axor Euro 4 menjadi produk pertama yang dirakit secara lokal. “Sejak Mercedes-benz Truck Axor Euro 4 diluncurka­n Juni 2022, secara bertahap kami telah merakit unit ini secara lokal hingga saat ini sudah memiliki 7 model,” papar Naeem. ●

 ?? ?? ISTIMEWA
ISTIMEWA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia