Otomotif

FITUR & TEKNOLOGI

-

Fitur dan teknologi baru juga disematkan ke Super Sport dan Super Tech. Paling ketara semua lampu sudah pakai jenis LED, mulai dari lampu utama, lampu rem dan sein. Sorot lampu Led-nya terang, tapi sorotnya terlalu tinggi.

Kemudian ada smartkey atau sistem keyless, yang pertama di Vespa. Sehingga tak perlu lagi colok kunci konvension­al pada kontak. Cukup kantongi remote, asalkan dalam radius maksimal 1,5 meter, maka kenop kontak bisa dinyalakan.

Namun, kenop keyless terasa kurang solid, terlalu banyak jarak mainnya saat diputar, beda dengan kenop keyless skutik Yamaha misalnya.

Pada remote terdapat 2 buah tombol. Yang bergambar motor fungsinya sebagai bike finder atau semacam answer back system. Jadi bisa memudahkan mencari posisi motor ketika di parkiran.

Yang unik tombol kedua yang gambar kunci, fungsinya untuk membuka jok dari jarak jauh, bisa sampai 50 meter! Tentu memudahkan jika perlu ambil barang buru-buru, dari jauh jok sudah dibuka, ketika sampai motor jok tinggal diangkat. Sayang smartkeyny­a belum dilengkapi dengan alarm.

Keunikan lain sistem keyless Vespa GTS ini ketika baterai remote habis, pengendara tetap bisa menghidupk­an motor cukup dengan menempelka­n remote pada panel di bawah setang kiri, yang dikasih lambang sinyal.

Yang juga baru adalah panel instrument yang digunakan. Pada GTS Super Sport andalkan kombinasi analog untuk spidometer, dan digital untuk info lain. Layar digital kini lebih besar dan info yang disajikan lebih banyak. Dan bisa terhubung dengan aplikasi MIA Vespa.

Jika dihubungka­n dengan MIA Vespa, maka saat ada panggilan masuk, panggilan tak terjawab, dan notifikasi masuk akan muncul notifikasi di layar digitalnya berupa lambang. Ada juga info baterai smartphone, sinyal dan kontrol musik yang diputar.

Selain itu, tersaji juga info kecepatan, fuelmeter, suhu mesin, jam, odometer, tripmeter A & B, konsumsi bahan bakar instan dan rata-rata, tegangan aki, dan kecepatan rata-rata.

Ada juga info saat standar samping terbuka, info lampu-lampu, peringatan bensin kalau tinggal sedikit, lampu start & stop system, smartkey, ABS dan ASR (Antislip Regulator).

Dengan banyaknya info yang bisa dipilih di panel instrument­nya, Vespa menambahka­n tombol khusus di panel sakelar setang kiri, yaitu joy stick menemani tombol lampu jauh-dekat berikut dim, sein dan klakson.

Joy stick ini berfungsi untuk mengganti tampilan informasi di layar. Tekan ke kanan untuk mengganti odometer dan tripmeter A & B. Tekan ke kiri untuk mengganti tampilan informasi jarak tempuh (berdasarka­n fuel), average fuel cons, voltmeter, max speed dan average speed.

Di panel sakelar setang kanan juga ada tombol baru, yaitu untuk pembuka jok yang tadinya ada di dekat kontak. Selain itu ada sakelar fitur start & stop system, ASR dan tombol starter.

Nah teknologi ASR atau lebih mudahnya TCS (Traction Control System) kini juga disematkan pada GTS yang bermesin 150 cc. Menemani teknologi ABS yang sudah ada sebelumnya. ASR (Anti Slip Regulation) dapat dimatikan dengan menekan tombol ASR di setang kanan selama beberapa detik.

Nah yang unik di GTS terbaru kaliper rem depan ternyata pakai vendor Nissin 2 piston, yang belakang 1 piston. Performa pengereman cukup untuk memperlamb­at laju skutik berbodi bongsor ini. Namun, handel rem terasa keras saat ditarik. Selain itu kinerja ABS kurang halus, karena terasa sekali getaran tendangan balik di handel rem saat ABS bekerja.

Sementara di GTS Super Tech, pakai panel instrument yang sama dengan versi sebelumnya. Yaitu panel digital TFT 4,3 inci, yang tentunya karena full color jadi lebih enak di mata. Sistem MIA Vespa yang digunakan kini infonya lebih lengkap, karena bisa menampilka­n navigasi secara turn by turn.

Kemudian untuk fitur akomodasi di area bawah setang ada gantungan barang model karabiner. Di bawahnya masih ada laci besar, yang mana membukanya pakai kenop kontak. Caranya dari posisi on kemudian ditekan.

Nah di dalam laci ini terdapat fitur power outlet model USB yang bisa dipakai untuk mengisi daya baterai smartphone.

Tempat penyimpana­n lebih besar tentu ada di balik joknya, yang muat helm half tapi yang ukuran batoknya kecil. Nah khusus versi Super Tech dilengkapi lampu yang akan menyala sejak jok dibuka, dan akan otomatis mati setelah 2 menit untuk menghemat arus.

Catatan berikutnya, suara klaksonnya terlalu imut!

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia