Otomotif

RED BULL RACING BERUNTUNG?

-

Formula One (F1) baru memulai ronde pertama dan langsung disuguhkan dengan dominasi Red Bull Racing Oracle. Max Verstappen memenangka­n balapan dan Sergio Perez di posisi kedua, bak sebuah hasil yang telah diprediksi.

Apalagi mobil dengan kode RB20 itu punya power yang lebih besar daripada tahun lalu, sehingga memang semakin ‘buas’ di lintasan. Namun yang harus dicermati adalah apakah Red Bull Racing masih akan mendominas­i atau hanya beruntung pada balapan pembuka di Sakhir, Bahrain (2/3) lalu?

Mengingat baik itu Verstappen maupun Perez sama sekali tidak memuncaki catatan waktu pada tiga sesi latihan. Verstappen baru terlihat di catatan puncak pada sesi kualifikas­i yang membuatnya menempati pole position. Itu pun dengan selisih waktu hanya sekitar 0,23 detik dari Charles Leclerc (Scuderia Ferrari F1 Team) di grid kedua.

Sekencang itu kah? “Memang lebih baik, tetapi kami juga punya banyak masalah di lintasan seperti ban belakang yang kerap berputar lebih, sehingga harus berhati-hati setiap keluar tikungan,” ungkap Verstappen.

Namun pembalap Belanda itu berhasil mengatasin­ya dan ikut perintah tim pada segi manajemen ban dan membuatnya sangat efektif pada setiap pit stop dan terus menjaga jarak di posisi paling depan. Juga karena lawan-lawannya jauh lebih bermasalah.

MASALAH LAWAN

Sementara itu, duo Mercedes AMG Petronas; Lewis Hamilton dan George Russell sangat kompetitif sejak sesi latihan pertama. Namun dari segi reliabilit­as, Mercedes W15 tidak seideal RB20 karena saat balapan panjang pun ada saja masalahnya.

Kedua pembalap ini tak mampu bersaing di tiga besar karena ada masalah seperti aki yang menghambat elektrikal, masalah radiator, bahkan Hamilton mengalami kursi yang rusak sehingga ia tak merasakan dengan baik kondisi mobil dari segi kakikaki.

“Benar-benar masalah yang seharusnya tidak terjadi. Kami sudah dalam mode bersaing untuk siap balapan, tetapi ini masalah yang sebenarnya bisa segera diatasi sebelum balapan dan itu benar-benar mengganggu juga menghilang­kan kesempatan untuk mendapatka­n posisi yang lebih baik,” Hamilton menjelaska­n.

Dari penjelasan pemilik tujuh gelar juara dunia F1 itu, Mercedes W15 sudah jauh lebih baik dibandingk­an tahun lalu. Masalah efek lumba-lumba atau porpoising sudah tidak ada lagi, hanya saja masih bermasalah pada saat time

attack. Jika digunakan saat balapan, Mercedes masih lebih kompetitif daripada Ferrari. • DAB

 ?? FOTO: RED BULL CONTENT POOL ??
FOTO: RED BULL CONTENT POOL
 ?? ??
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia