Otomotif

EKSTERIOR & INTERIOR

-

Sekilas dari segi tampilan atau

desain, tak ada perbedaan signifikas­i antara Jimny 3-door dengan versi 5-door ini. Bentuknya masih sama, hanya saja versi 5-door ini terlihat lebih panjang dan memiliki jumlah pintu 5 buah.

Secara dimensi, ia memiliki panjang keseluruha­n 3.965 mm atau lebih panjang 340 mm dari versi 3 pintu, lalu lebar 1.645 mm, serta tinggi 1.720 mm. Wheelbase atau jarak sumbu rodanya juga lebih panjang 340 mm, yakni 2.590 mm, dengan ground

clearance 210 mm.

Namun ketika diperhatik­an lebih detail, ada bebapa hal yang membedakan­nya dari Jimny 3-Door. Yaitu di bagian grill Jimny 5-Door ada aksen krom, yang membuat tampilanny­a jadi lebih wah.

Kemudian di bagian buritan, tepatnya di atas dudukan plat nomor terlihat ada sebuah kamera, yang berfungsi sebagai kamera parkir. Lalu di bagian bumper belakangny­a tertanam 4 titik parking sensor. Kalau di Jimny 3-Door tidak ada.

Kemudian masuk di dalam kabinnya, perbedaan paling mendasar ada di bagian tengah dasbor. Yap, layar

head unit yang dibenamkan di bagian tersebut lebih besar dari Jimny 3-Door, yakni 9 inci, mirip seperti di Suzuki Grand Vitara Hybrid.

Sementara tampilan meter cluster, setir dan lainnya tampak masih sama dengan Jimny 3-Door. Dan di setir juga terlihat masih ada tombol pengaturan fitur cruise control. Sayangnya masih belum adaptive juga nih.

Nah, saat OTOMOTIF yang punya tinggi badan 179 cm duduk di jok belakang, wahh.. ternyata sedikit lebih lega nih dibanding yang versi 3 pintunya, terutama untuk leg room.

Hal itu menurut pihak Suzuki lantaran memang posisi jok agak dimundurin beberapa cm ke belakang.

Lalu karena ruang kabinnya lebih panjang, otomatis volume bagasinya jadi lebih besar. Menurut pihak Suzuki, volume kabin Jimny 5-Door ini mencapai 211 liter. Tapi jika butuh mengangkut barang yang lebih banyak lagi, sandaran jok belakangny­a bisa dilipat dengan konfiguras­i 50:50.

Oiya satu lagi, karena kini jumlah pintunya ada 5, untuk membuka kaca jendela pintu penumpang belakang, terdapat dua buah tombol power window di konsol tengah antara jok depan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia