Otomotif

TESTIMONI OFF-ROADER

-

Saat ajang IIMS 2024 kemarin, OTOMOTIF sempat merasakan sensasi naik Jimny 5-Door ini melibas simulasi off-road yang disediakan Suzuki Indonesia di arena outdoor Jimny Adventure Experience. Konsepnya taxi-ride Jimny 5-door yang masih full standar tanpa dimodif.

Tapi untuk melintasi trek beragam obstacle menantang yang tersedia, kami tidak nyetir sendiri, melainkan disetirin oleh off-roader muda nasional, yaitu Julian Johan atau lebih dikenal dengan panggilan Jeje.

“Pada obstacle pertama, kita disuguhi gundukan sudut kemiringan selang-seling untuk menguji artikulasi dari suspensi. Untuk merasakan fitur brake LSD yang dimiliki Jimny 5-Door ini,” buka Jeje sebelum memulai masuk ke rintangan pertama.

Saat mulai masuk jalur selang-seling dengan tadi, Jimny 5-door akan terangkat ban-nya. Nah.. karena dilengkapi fitur brake LSD, walaupun dengan sudut kemiringan yang tajam mobil tetap mudah melaju. “Kalau orang bilang effortless,” jelas Jeje.

Lanjut ke rintangan di kemiringan 45 derajat, karena Jimny 5-Door ini lebih panjang, untuk naik ke jalur tadi kedua roda ban tidak akan naik.

Berikutnya melalui jalur berbatuan yang cukup besar. Nah, ketika hendak bermanufer belok tajam, lantaran

wheelbasen­ya lebih panjang, “Tidak bisa sekali belok, karena radius putarnya jadi lebih jauh. Beda dengan versi 3 pintunya yang kadang bisa sekali belok,” bilangnya.

Namun dampak positif lainnya, bantingan suspensiny­a kata Jeje terasa lebih empuk. Terakhir masuk ke jalur tanjakan 35 derajat untuk merasakan ketangguha­n Jimny 5-Door, sekaligus jajal fitur Hill Start Assist- nya.

Saat Jimny 5-Door yang kami naiki ini sudah mendaki setengah jalan, pedal rem diinjak kurang lebih 3 detik, lalu mobil digas lagi tanpa ada gejala mobil meluncur ke belakang saat perpindaha­n kaki dari rem ke pedal gas. Dan mudah juga mudah merangkak naik.

Sedangkan saat turun, Jeje aktifkan fitur Hill Decent Control. Jadi ketika lepas pedal rem diinjak beberapa saat dan dlepas, mobil akan tetap tertahan alias tidak meluncur turun. Keren!

“Jadi bisa disimpulka­n Jimny lima pintu ini punya kemampuan suspensi lebih enak dibandingk­an dengan tiga pintu, karena wheelbase lebih panjang. Begitu juga dengan kemampuan off

roadnya lebih baik dan stabil. Dan rasanya termasuk handling saat dipakai di jalan raya. Kekurangan­nya hanya soal manufer tidak segesit Jimny 3 pintu yang lebih mungil,” tutup Jeje. • F. Yosi

 ?? ?? Jeje. Suspensi Jimy 5-Door lebih empuk
Jeje. Suspensi Jimy 5-Door lebih empuk
 ?? ?? Tombol pengaturan beberapa fitur di sebalah kanan setir
Tombol pengaturan beberapa fitur di sebalah kanan setir

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia