Otomotif

SERASA RUMAH BERJALAN

-

Wuling Cloud EV merupakan kendaraan listrik terbaru dari Wuling Motors, yang baru diperkenal­kan di ajang IIMS 2024 lalu. Mobil listrik kelas medium hatchback ini hadir dengan tampilan yang dinamis dan elegan pada sektor eksterior dan interior.

Soal harga Cloud EV, Wuling juga masih menutup rapat, karena ia baru diperkenal­kan saja, belum dijual resmi. Oiya, OTOMOTIF penasaran dengan interiorny­a yang katanya punya desain seperti kursi sofa di rumah. Pengen tau kan detailnya? Yuks cekidot.

EKSTERIOR

Secara tampilan eksterior, Cloud EV punya desain yang membulat mirip awan yang tak bertepi. Makanya dinamakan Cloud. Di fascia depan, terdapat lampu DRL berbentuk horizontal yang menyatu dari tengah ke kanan dan ke kiri. Kemudian diujung DRL tadi adalah seinnya yang sudah LED.

Sementara untuk headlamp diposisika­n di bawah, di masingmasi­ng ujung bumper. Lampu utama ini menggunaka­n LED projektor. Nah, yang uniknya lagi di dalam area lampu utama sebelah bawah, dikasih aksen krom. Ternyata fungsinya hanya sebagai pantulan saja.

Lanjut ke bagian samping, Cloud EV memang lebih besar dari Binguo EV. Dengan dimensi 4.295 mm P x 1.850 mm L x 1.570 mm T.

Untuk kaki-kaki, rival dari BYD Dolphin ini menggunaka­n pelek

alloy palang lima berukuran 18 inci. Dengan kombinasi warna hitam dan silver dan dibalut ban 215/55 R18. Dibalik pelek tertanam rem cakram baik depan dan belakang.

Masih di bagian samping, pada bagian kiri depan terdapat ruang port charger AC GBT. Untuk membuka pintu sudah dengan model tuas yang menyatu bodi atau bahasa kerennya Hidden Inductive Door Handles yang menambah kesan sleek pada bagian pintu. Model ini mengingatk­an kami dengan mobil listrik lainnya yaitu Kia EV9.

Lanjut ke bagian buritan, lampu utama dengan LED position lamp horizontal mirip dengan Wuling Air EV. Di bagian bumper terdapat sensor parkir 4 titik. lalu ada pula kamera belakang, yang terintegra­si dengan kamera di spion dan di fascia sebagai kesatuan dari fitur kamera 360 derajat.

INTERIOR

Saat masuk kabin, kesan pertama adalah mewah. Pada bagian dasbor tampak minimalis rata lebar. Perpaduan bahan soft

touch dan plastik dipadu aksen kayu menambah kesan modern elegan.

Wuling Cloud EV dibekali dua layar. Di depan driver layar 8.8 inci sebagai Multi Informatio­n Display (MID). Termasuk informasi untuk fitur ADAS-NYA, karena di atas kaca depan terlihat ada sensor kameranya.

Untuk infotainme­nt, layarnya agak ke tengah dasbor, dengan lebar 15.6 inci. Sayangnya, kami belum boleh mengaktifk­an kedua layar tersebut untuk mengetahui tampilanny­a seperti apa.

Untuk tuas transmisi R, N dan D ada di belakang setir. Saat duduk di jok dengan desain Italian Bubble Sofa Style, yang kami rasakan busanya lumayan empuk. Mencari posisi ideal di jok driver juga mudah. Apalagi pengaturan jok sudah elektrik enam arah. Sedangkan di kursi penumpang depan hanya empat arah.

Ketika kami coba duduk jok belakang, wahh.. rasanya lebih lega nih dari saudaranya, Binguoev. Ruang untuk kaki dan kepala cukup lapang.

Oiya, di antara jok depan terdapat komparteme­n untuk meletakkan smartphone buat penumpang belakang. Di sana juga tersedia lubang port USB. Di atasnya ada kisi-kisi AC, namun hanya satu. Jadi harus berbagi embusan udaranya nih buat yang duduk di belakang, hehehe..menariknya lagi bagasi sudah power tailgate.

Kelar mengamati kelengkapa­n di kabin, kami lantas coba praktikan fitur Sofa Mode-nya. Caranya, rebahkan terlebih dulu bangku baris pertama dengan maksimal, kemudian lanjut rebahkan bangku belakang hingga 135°. Hasilnya keseluruha­n kursi menyerupai sofa panjang. Wiihh mantap!

Wuling Cloudev di persenjata­i baterai lithium iron phosphate berkapasit­as 50.6 kwh. Motor listriknya mampu menghasilk­an tenaga 134 Dk dan torsi puncak 200 Nm, yang menggerakk­an roda depan. • F.yosi

 ?? ?? SIAP MELAWAN BYD DOLPHIN
FOTO:F.YOSI
SIAP MELAWAN BYD DOLPHIN FOTO:F.YOSI
 ?? ?? PATAR
PATAR
 ?? ?? Duduk dengan mode sofa selain empuk di badan, serasa di rumah
Duduk dengan mode sofa selain empuk di badan, serasa di rumah
 ?? ?? Setirnya berbalut kulit dan penyetelan­nya bisa tilt dan teleskopik. Terdapat tombol audio, telefoni, hingga cruise control
Setirnya berbalut kulit dan penyetelan­nya bisa tilt dan teleskopik. Terdapat tombol audio, telefoni, hingga cruise control
 ?? ?? Ruang bagasi, agar lebih lapang. tinggal lipat bangku belakang volume jadi 1.707 liter
Ruang bagasi, agar lebih lapang. tinggal lipat bangku belakang volume jadi 1.707 liter

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia