Otomotif

BIKIN PANGLING

HABISKAN DANA RP 20 JUTAAN

-

Jangankan yang sudah dimodifika­si, yang standar saja jarang ditemui di jalan! Namun, rupanya hal tersebut tidak menghentik­an Kelly Nugroho untuk memodifika­si Suzuki Nex II miliknya.

Kelly memang terkenal sebagai maniak Suzuki. Sebelumnya ada beberapa motor keluaran pabrikan berlogo S tersebut yang dimodifika­si olehnya, seperti Suzuki GSX-R150 full airbrush serta Satria F150 FI berturbo.

“Selain memang penggemar Suzuki atau Suzuki lovers, kebetulan adanya Nex II,” ujar Kelly saat ditemui di kediaman sekaligus bengkel Stanley Racing Performanc­e (SRP) miliknya yang berlokasi di Jl. Merbabu IX, Villa Gunung Lestari, Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

Pria gondrong ini menyebut Nex II ini dipakai buat wara-wiri kegiatan sehari-hari, seperti mengantar anak ke sekolah. Soal modifikasi, Kelly menyebut belum pernah ada konsep seperti ini, simpel, minimalis tapi keliatan old school.

Perihal warna, saat ini sekujur tubuh Nex II sudah dilabur kelir bunglon dengan rona merah marun atau burgundy serta emas. Selayaknya cat bunglon, ditengok dari beberapa sisi akan terlihat pancaran warna yang berbeda. Pengerjaan dilakukan di workshop

SRP sendiri.

Menariknya, tampilan bodi motor harusnya sama sekali beda dengan yang bisa dilihat saat ini. Karena Kelly rupanya salah membeli cat yang diinginkan.

“Awalnya gue pengen cat hitam dengan rona merah, tapi setelah dibeli dan dilihat di rumah malah dapat warna ini,” kekehnya sembari menghisap sebatang rokok.

“Dibiang warna black red tapi ada goldnya, jadi bilang aja warna bunglon lah,” lanjutnya sambil tersenyum.

Melengkapi warna baru, bodi kasar Nex II dilapis serat karbon. Seperti dek, cover belakang batok, airbox dan lainnya. Untuk menyesuaik­an unsur gold pada bodi, Kelly juga melabur pelek palang tiga dari Nex generasi pertama dengan warna emas.

“Pelek Nex pertama lebih kurus, tapi masih enak dilihat. Terus bikin kelihatan old school,” jelas ayah satu putra ini.

Ia juga menambahka­n aksesori pendukung, seperti master rem Brembo

RCS 14 beserta kaliper Brembo 2 piston dengan braket custom dari aluminium. Cakramnya pakai milik Suzuki Address.

Sisi suspensi, belakang diganti pakai RCB yang ulir pernya dikrom, sedangkan suspensi depan pakai standar, tapi sudah diganti per dan olinya.

Selebihnya Nex II ini masih banyak mengandalk­an komponen standar. Termasuk mesin 115 cc 1 silinderny­a. Pengerjaan memakan waktu sekitar 1 bulan, dengan biaya kurang lebih Rp 20 jutaan termasuk aksesori dan pengerjaan karbon.

Hmmm... kalau sudah begini bikin pangling euy! Banyak yang kecele dangan tampilanny­a saat berpapasan di jalan. • Rangga

 ?? ?? FOTO: RANGGA
Cover CVT diberi sentuhan krom
Cover knalpot standar ikut dilapis karbon
FOTO: RANGGA Cover CVT diberi sentuhan krom Cover knalpot standar ikut dilapis karbon
 ?? ?? Cakram Address dijepit oleh kaliper Brembo 2 piston dengan braket aluminium
Headlamp keren berkat penyematan projie
Master rem depan pakai Brembo RCS 14
Cakram Address dijepit oleh kaliper Brembo 2 piston dengan braket aluminium Headlamp keren berkat penyematan projie Master rem depan pakai Brembo RCS 14
 ?? ?? Dek dilapis karbon
Dek dilapis karbon
 ?? ??
 ?? ?? Box filter udara dilapis karbon, per sokbreker RCB dikrom
Box filter udara dilapis karbon, per sokbreker RCB dikrom
 ?? ?? Pelek palang tiga Nex pertama sumbang kesan retro
Pelek palang tiga Nex pertama sumbang kesan retro
 ?? ??
 ?? ?? Logo Nex II pun diberi kelir gold
Logo Nex II pun diberi kelir gold
 ?? ??
 ?? ?? Jok dilapis kulit cokelat menyesuaik­an tema
Jok dilapis kulit cokelat menyesuaik­an tema
 ?? ??
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia