Otomotif

TAMPIL JAUH BERBEDA

-

Pramac Racing terikat sebagai tim satelit Ducati yang terlibat dalam proses penjenjang­an pembalap Ducati sejak 2007 sudah identik dengan warna dasar putih.

Belasan tahun Pramac Racing kerap mencantumk­an warna dasar putih sebagai ciri khas timnya, meski beberapa kali ganti sponsor yang menambah corak warna pada tim yang bermarkas di Tuscany, Italia ini.

Pada presentasi Prima Pramac Racing 2024 di sirkuit Sakhir sebelum F1 Bahrain (29/2), terlihat tampilan warna yang jauh berbeda. Warna dasar pada Ducati Desmosedic­i GP24 dengan warna dasar hitam. Justru mengingatk­an warna Pramac Racing era D’antin 2006.

Kala itu Pramac yang bekerjasam­a dengan tim D’antin baru menjadi tim satelit Ducati secara penuh dan warna hitam ini menyimpan cerita bagi dua pembalap Prima Pramac Racing tahun ini, Jorge Martin dan Franco Morbidelli

Banyak yang menafsirka­n warna hitam ini adalah perpisahan bagi Jorge Martin yang direkrut Ducati untuk bergabung di Pramac debut di Motogp 2021. Empat tahun bersama, Martin tidak melanjutka­n kontrak dengan Pramac Racing.

Dikabarkan runner-up Motogp 2023 itu akan pindah ke tim pabrikan, baik itu ke Ducati atau ke Yamaha menggantik­an posisi Fabio Quartararo. “Warna ini benar-benar segar dan saya sangat bersemanga­t, karena rasanya seperti pindah ke tim baru dengan semangat baru,” tutur Martin.

“Meski tidak bersama lagi di tahun depan, Pramac Racing selalu jadi tempat untuk ‘pulang’ karena mereka selalu menerima saya kapan pun, ini sangat hangat bagi sebuah tim balap. Kami susah dan senang bersama sejak saya debut,” lanjut pembalap Spanyol itu.

Berbeda cerita Morbidelli yang mengaku sempat mengimpika­n untuk bergabung dengan Pramac Racing. Tahun 2006 kala dirinya masih berkiprah di kancah balap nasional kelas pembalap pemula, ia diundang Pramac Racing untuk masuk ke paddock- nya.

Ia menunggang­i Ducati Desmosedic­i GP6 yang ditunggang­i Alex Hoffman kala itu dengan livery warna hitam. Berselang 18 tahun kini Morbidelli menjadi pembalap Ducati di Pramac Racing dengan motor yang sudah jauh lebih kompetitif.

“Bohong jika saya tidak mengimpika­n motor ini sejak kecil, sebagai pembalap Italia naik ke tim Italia dan motor Italia itu kebanggaan. Ducati adalah motor yang sangat kompetitif, meski saya masih butuh waktu untuk adaptasi, tetapi motor ini sudah bisa ditebak untuk bisa penyesuaia­n,” Morbidelli menjelaska­n.

Dengan motor yang sama dengan tim pabrikan Ducati Lenovo Team, maka tak heran kalau Pramac Racing dinilai masih menjadi tim terkuat.

Tahun lalu tim pimpinan Paolo Campinoti menjadi tim juara dunia, tak pelak kini target tersebut masih sama. Tentu saja untuk menggenapk­annya dengan juara dunia pembalap yang nyaris diraih Jorge Martin tahun lalu. • DAB

 ?? ?? Franco Morbidelli sudah mengimpika­n Ducati di tim Italia sejak 2006 lalu.
Jorge Martin ingin kejar gelar juara dunia di tahun terakhirny­a membela Prima Pramac Racing
Warna motor dominan hitam dengan paduan warna merah khas Ducati dan warna ungu dari warna Prima sebagai sponsor utama
Franco Morbidelli sudah mengimpika­n Ducati di tim Italia sejak 2006 lalu. Jorge Martin ingin kejar gelar juara dunia di tahun terakhirny­a membela Prima Pramac Racing Warna motor dominan hitam dengan paduan warna merah khas Ducati dan warna ungu dari warna Prima sebagai sponsor utama
 ?? ?? Prima Pramac Racing
Prima Pramac Racing

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia