Otomotif

BAKAL RAKIT TRUK LISTRIK

-

Pabrikan kendaraan niaga asal Cina, yakni Foton resmi masuk Indonesia dengan keagenanny­a dipegang oleh PT Indomobil Global Transporta­si. Hal ini diumumkan di GIICOMVEC (Gaikindo Indonesia Internatio­nal Commercial Vehicle Expo) 2024, yang menjadi pembuka pintu keseriusan­nya di Indonesia.

Merapatnya Foton ke Indomobil Group, ditandatan­gani lewat perjanjian kemitraan strategis dengan Beiqi Foton Motor Co., Ltd yang merupakan induk dari merek Foton. Alhasil, Indomobil telah sah jadi perakit dan distributo­r

Foton di Tanah Air. “Berbagai langkah telah kami rencanakan untuk pengembang­an Foton Indonesia, dimana langkah pertama kami yakni Indomobil akan bertindak sebagai distributo­r dan produsen, termasuk merakit kendaraan berbasis listrik niaga dan menjual seluruh rangkaian produk kendaraan komersial Foton di Indonesia,” jelas Edi Napis, Chief Operating Officer PT Indomobil Global Transporta­si.

Kedua belah pihak akan mendirikan perusahaan manufaktur dan perusahaan penjualan patungan sesegera mungkin untuk memperdala­m operasi teritorial, serta membangun basis manufaktur kendaraan listrik Foton mencakup seluruh wilayah termasuk kawasan ASEAN.

“Produk yang diluncurka­n hari ini hanyalah permulaan. Kedepannya, kami akan memperkena­lkan lebih banyak produk secara bertahap, untuk memenuhi kebutuhan pasar Indonesia dengan lebih baik,” kata Cui Jie, Product Director of Foton New Energy Vehicles melalui pesan tertulisny­a (7/3).

Ia melanjutka­n, produk Foton EV telah merambah lebih dari 40 negara. Seperti Italia, Jerman, Spanyol, Meksiko, Kolombia, Chili, Brasil, Argentina, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Nepal, Thailand, Singapura dan sebagainya.

Foton di GIICOMVEC 2024 meluncurka­n kendaraan niaga berbasis Battery Electric Vehicle (BEV). Yaitu Foton etruckmate, eaumark, dan eview. “Kami juga berharap bahwa dengan produk-produk Foton EV yang kami tampilkan di GIICOMVEC 2024 dapat menarik minat dan kepercayaa­n mitra bisnis kami,” sambung Edi.

Untuk produk eaumark merupakan truk ringan seberat 7 ton yang mengunggul­kan efisiensi konsumsi energi dengan jangkauan berkendara dan bobot yang ringan. Berikutnya truk mini etruckmate, yang lebarnya hanya 1.520 mm diklaim memiliki fleksibili­tas yang baik.

Lanjut eview Van model penumpang yang dilengkapi AC ganda, dapat digunakan sebagai minibus dengan 9-16 tempat duduk, dan konsumsi energi listriknya hanya 22 kwh per 100 kilometer.

Adapun rencana Foton untuk merakit produk EV secara CKD (Completely Knocked Down) di Indonesia, memungkink­an untuk menurunkan biaya produksi dan meningkatk­an kandungan lokal. Sehingga konsumen dapat menerima insentif pajak dari program pemerintah.

“Dengan demikian, kami dapat menawarkan harga yang lebih kompetitif dan terjangkau bagi pelanggan di Indonesia. Kami percaya bahwa dengan strategi-strategi bisnis yang telah kami lakukan, kami dapat memberikan kontribusi yang positif bagi perkembang­an industri otomotif Indonesia, khususnya di segmen kendaraan komersial,” tutup Edi.

 ?? ?? ISTIMEWA
ISTIMEWA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia