Otomotif

SANGAT SEKSI UNTUK DIGENJOT

-

Industri kendaraan niaga menjadi bagian dari ekosistem, yang mestinya mendapat perhatian serius Pemerintah. Pasalnya, industri kendaraan niaga Tanah Air berpotensi besar merajai Asia Tenggara.

Oleh karenanya, perlu dukungan fiskal maupun nonfiskal, serta kemudahan investasi yang ujungujung­nya mampu membuka lapangan pekerjaan lebih besar lagi.

Merujuk data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), kontribusi industri kendaraan niaga di 2023 mencapai 23,6%. Dihitung dari total kinerja industri kendaraan bermotor secara wholesales yang melampaui satu juta unit di 2023.

Oleh karenanya, penjualan kendaraan niaga sangat seksi untuk digenjot kinerjanya. Hal ini ditegaskan oleh Yohannes Nangoi selaku Ketua Umum Gaikindo, bahwa angka angka penjualan kendaraan niaga masih perlu terus ditingkatk­an.

“Penyelengg­araan pameran khusus kendaraan komersial (GIICOMVEC 2024) untuk memberikan dorongan positif pada capaian industri kendaraan komersial Indonesia, menuju target positif sejumlah 270 ribu unit pada tahun 2024,” papar Nangoi, pada pembukaan pameran GIICOMVEC 2024 (8/3).

Ia melanjutka­n, perlu kolaborasi antara pemerintah, dan industri, dalam menciptaka­n ekosistem yang mendukung, mendorong tumbuhnya industri otomotif termasuk kendaraan niaga. Mulai dari industri barang konsumsi, produk komoditas, logistik, pariwisata, hingga pertambang­an.

“Sehingga perekonomi­an Indonesia terus bergerak maju seiring dengan langkah-langkah pemulihan yang dijalankan bersama,” sambung Nangoi.

Lebih lanjut, kita bahas apa saja peluang industri kendaraan niaga Indonesia yang diakui sangat seksi untuk digenjot agar merajai pasar dunia.

 ?? FOTO: HARI PANGESTU ??
FOTO: HARI PANGESTU

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia